Jumat, 08 Mei 2015

SINOPSIS DAN PENJELASAN FILM INTERSTELLAR


Film karya Nolan ini memang luar biasa. Dan merupakan film Sci-Fi terbaik versiku. Ketika selesai menonton film ini aku merasa film Sci-Fi lain contoh nya Gravity  terasa dangkal . Secara alur cerita memang sebenar nya sudah jelas. Hanya saja ada beberapa hal yang kita tidak mengerti dalam percakapan nya. Termasuk teori teori di dalam nya yang bikin terasa asing bagi kita. Nah maka dari itu kita bahas saja ya. :D

''Jangan bersikap lembut pada malam yg indah itu...
Masa tua akan membara dan akan berakhir di penghujung hari...
Marahlah...
Marahlah pada cahaya yang memudar....
Walaupun ada orang bijak yang tahu dipenghujungnya...
Kegelapan itu benar...
Karena perkataan mereka bagai petir yang menyambar...
Jangan bersikap lembut pada malam yg indah itu...
Marahlah...
Marahlah pada cahaya yang memudar.... ''


*****INTRODUC*****

Kehidupan Bumi

Pada jaman itu kehidupan dibumi sdh sekarat. Tumbuhan (pangan) yg bisa tumbuh hanya jagung. Sirkulasi udara semakin memburuk, dan diperkirakan kehidupan dibumi akan punah dlm kurun waktu puluhan tahun kedepan. Smua teknologi dan ilmu pengetahuan di alihkan ke pertanian untuk kelangsungan sumber daya alam.

Cooper Family

Cooper adalah seorang petani yg juga mantan astronot (pilot), cooper waktu itu diperkirakan berusia 40 tahun, tinggal bersama kedua anaknya yaitu Murph berusia 10 tahun dan Tom yg berusia 15 tahun. Berapa tahun lalu cooper kehilangan istrinya yg meninggal krn kanker otak. Dan skrg mreka tgl bersama2 ayah dari istri cooper (kakek murph).

Lubang Hitam

Dalam 50 tahun terakhir para ilmuwan NASA yg trsisa (salah satunya prof Brand) melakukan penelitian dan mendapati sbuah anomali gravitasi yg berada di sekitar planet saturnus. Anomali gravitasi ini berbentuk bundar dan menampilkan pola atau gambaran galaksi lain. NASA menyebutnya lubang hitam (sebut sja lubang hitam B).
Lubang hitam ini hanyalah cabang dari lubang hitam lainnya yg ukurannya lbih besar dan posisinya berada di galaksi lain. Lubang hitam yg dimaksud adalah Gargantua (sebut saja lubang hitam A).
Dalam solar sistem kita yg mnjadi pusat tata surya adalah matahari. Lain hal dgn solar sistem di galaksi luar sana, yg mnjadi pusat tata surya adlah Gargantua. Matahari terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet, berbeda dgn gargantua yg trdiri dari kumpulan anomali gravitasi. Dikulit gargantua dilapisi cahaya cosmo yg disebut Horizon, disekitarnya ada 12 planet yg mengorbit mengelilinginya, dan dibagian inti gargantua ada wadah berbentuk yg merupakan kumpulan anomali gravitasi yg disebut Singularitas gravitasi. Menurut penelitian NASA anomali gravitasi dapat berpengaruh pada ruang dan waktu dan 12 planet yg di indikasi bisa dihuni ini berpengaruh terhadap waktu krn posisinya dekat dgn gargantua.
Dan NASA menyimpulkan bahwa lubang hitam B adlah jalur penghubung (portal) ke galaksi lain. Dalam arti sebuah jalan keluar untuk menghindari kepunahan manusia.

Teori Lubang Hitam

Masuk dari lubang hitam B muncul disekitar lubang hitam A. Untuk kembali ke B harus masuk kedalam inti A dan akan terkirim ke permukaan B. Kendalanya mendekati B akan memakan waktu puluhan tahun dibumi, apalagi masuk kedalamnya. Masuk kedalamnya akan tersedot kedalam inti dan proses itu memungkinkan pesawat hancur ataupun menyebabkan kematian bagi awaknya. Hal itu membuat para astronot berpikir puluhan kali untuk memilih opsi ini.

NASA
NASA adlh lembaga teknologi yg tersisa di jaman itu. Kinerjanya di aktifkan lgi brkat ideologi mreka untuk menyelamatkan khdupan manusia, skalipun dgn crew dan peralatan minim dan bergerak scra rahasia dgn bermarkas dibawah permukaan.
Dgn adanya lubang hitam, NASA mulai menyusun detil demi detil rencana mreka.
Plan A dan plan B sdh disusun NASA lama sebelum bertemu cooper.
PLAN ''A''
1. Mengirim 12 astronot/penjelajah ke galaksi lain melintasi lubang hitam B untuk mencari dan memastikan planet yg bisa dihuni. (Gagal)
2. Membangun sbuah stasiun yg bisa membawa penduduk bumi yg tersisa keluar angkasa. Stasiun itu adlah markas NASA skrg.
3. Untuk bisa mengaktifkan stasiun ini dan bisa terbang ke luar angkasa, membutuhkan rumus persamaan gtavitasi. professor brand lah ilmuan yg bisa menyelesaikan itu.
4. Dlm penyelesaian rumus persamaan gravitasi harus membutuhkan sampel dari singularitas gravitasi yg jawabannya ada didlm gargantua, maka dari itu salah satu dari 12 astronot harus menemukan jawabannya. (Gagal)
Karena Plan A1 dan A4 gagal maka A2 dan A3 pupus. Harapan untuk menyelamatkan kehidupan manusia dibumi lenyap. Maka dibuatlah plan B.
PLAN ''B''
1. Menyelamatkan spesis manusia dgn membawa sel2 telur dlm bntuk embrio ke planet yg bisa dihuni atau bisa ditinggali untuk peradaban baru.
2. Meninggalkan manusia dibumi untuk punah seiring berakhirnya kehidupan organik dibumi.

NASA dan Cooper

Dlm kurun waktu 10 tahun setelah keberangkatan 12 astronot keluar angkasa, NASA tidak lagi mengirim astronot kesana, karena mreka membutuhkan pilot yg berpengalaman untuk melintasi dan menjelajahi luar angkasa. Sampai akhirnya mreka bertemu dgn cooper yg dulunya adlah anggota NASA yg mana dia adlah mantan pilot yg sdh berpengalaman juga seorang enginer. NASA (kecuali anak prof Brand, Amelia brand) mengetahui bhwa tdk ada lagi harapan untuk plan A sebab tidak ada lagi yg bisa kembali jika sdh melewati lubang hitam, namun mreka meyakinkan Cooper bahwa Plan A masih berlaku agar cooper termotivasi untuk bkerja sama dgn mreka.
Dan cooper pun menerima tawaran itu mengingat masa depan anak-anaknya harus dia perjuangkan.

Peralatan NASA (yg tersisa)

- Endurance, pesawat ulang aling NASA yg sedang mengorbit di permukaan bumi. Pesawat ini berbentuk bundar dan di lengkapi 12 pesawat penyangga yaitu 12 lander. Endurance dipakai untuk perjalanan yg jauh antar planet dan tdk untuk mendarat atau memasuki atmosfir.
- Sepasang Ranger, mrupakan kompenen endurance terakhir yg trdiri dari ranger 1 dan ranger 2 dan keduanya berada di markas NASA. Pesawat ini bisa dipakai untuk melintasi atmosfir dan bisa mndarat bebas di planet. Untuk prjalanan yg pnjang ranger harus bergantung pada endurance.
Pesawat inilah yg dikendarai cooper cs bertolak dari bumi.
- Robot Hologram, adlah program computer berjalan dan bertindak serba guna sekaligus mnjadi awak pesawat dari tiap2 ranger. Yg tersisa tgl ''Tars'' dan ''Case''.
.
.
.
.
.
.
.
*****PLOT*****
(dimulai dari Cooper dkk meninggalkan bumi)
Cooper bserta kru'nya yaitu Amelia Brand, Romily, dan Doyle menginggalkan bumi menuju Endurance di permukaan bumi dengan mengendarai Ranger 1 dan 2. Sesampainya ke Endurance hanya memakan waktu berjam-jam. Dari situ mreka melanjutkan perjalanan ke permukaan saturnus selama dua tahun.
Dipermukaan saturnus mreka masuk melintasi lubang hitam (B) menuju galaksi lain. Mreka tiba di solar sistem gargantua (A) hanya dalam sekejap dalam arti tidak ada pengaruh relativitas waktu.
Dari 12 planet yg mengorbit gargantua hanya 3 yg mengindikasi bisa dihuni lewat pesan transmisi yg dikirim dari masing2 astronot sebelumnya yg mendarat di planet itu. 3 planet ini dinamakan sesuai nama para astronot yaitu planet Mann, planet Miller dan planet Edmuns.
Teori relativitas berlaku pada tiap2 planet ini (1 jam dsna, tujuh tahun dibumi).
Cooper dkk mulai menyisir planet2 tsb dimulai dari planet Miller untuk menjalankan Plan A.
Tragedi kecelakaan terjadi disana sehingga merengut nyawa salah satu kru (Doyle) dan membuat mreka terjebak 3 jam lebih (23 tahun) sampai mreka keluar dari panet itu. Dan di saat itu anak2 cooper yg dibumi sudah tumbuh dewasa (Murph 35 tahun).
Selanjutnya ke planet Mann dan bertemu dgn Dr. Mann yg masih hidup. Kejadian tak terduga pun terjadi disana dan ditambah Dr. Mann yg mengungkapkan semua rahasia NASA dan mencoba membunuh cooper dan menewaskan krunya yg lain (Romily). Mann mengambil alih Endurance yg berada di permukaan planet itu tapi dia gagal dan menyebapkan kerusakan pada pesawat.
Cooper dan Amelia berusaha mengambil alih Endurance tapi mreka terseret di permukaan Gargantua tepatnya di atas horizon dan mreka menghabiskan 50 tahun lebih (Waktu bumi) sampai pesawatnya bisa dikendalikan.
Cooper dan Amelia terpaksa memilih untuk beralih ke plan B yaitu ke planet selanjutnya (planet Edmunds) dan memulai peradaban baru.
Sebelum Romily meninggal, dia menyampaikan sesuatu kepada Cooper (Dialog saat di planet Mann) bahwa masih ada sedikit harapan untuk cooper menyelamatkan manusia dibumi yaitu plan A4 dan A3 (baca diatas).
Itulah yang mendorong Cooper berniat masuk kedalam Gargantua sekalipun nyawanya menjadi taruhan.
Cooper dan Amelia berpisah dipermukaan gargantua. Amelia ditemani CASE ke planet Edmuns dgn mengendarai Endurance, TARS dan cooper masuk kedalam Gargantua secara terpisah. Cooper tersedot kedalam nya dan membuat pesawat ranger 2 yg dia kendarai hancur sehingga cooper melepaskan diri dari pesawat. Dia terombang ambing dgn keadaan nyaris mati dan gravitasi menariknya sampai di iinti Gargantua yg mreka sebut Singularitas gravitasi dan klo disimak bentuk dari intinya seperti bola. Itulah RUANG 5 DIMENSI.


*****RUANG 5 DIMENSI*****

Plot cerita diatas adalah skenario yang bersifat mutlak. CMIIW
Ruang dimensi ini hanya "semu" dalam arti kita bebas beropini.
Mereka / They
Klo kita ikuti dialog2 dari awal kata "Mereka" sering disebut2 sebagai oknum yg tidak pasti.
Dialog NASA:
- Mungkin mereka (makhluk) yg menciptakan lubang hitam itu...
- Mungkin mereka (makhluk) yg membawamu (cooper) kepada kami...
Dialog Cooper: Saat berada di ruang 5D
- Mungkin mereka (manusia masa depan) yg menciptakan tempat ini..
- Mungkin mereka (manusia masa depan) yg memilih Murph
- Kau belum mengerti TARS "mereka" itu adalah "kita", kita lah yg membawa diri kita kesini...
Dialog TARS:
- Mereka (makhluk) sudah menutup tesseract'nya (energi yg menjalankan ruang 5 D)
Bisa dilihat kesimpulan dari dialog2 diatas hanyalah ASUMSI DARI KETIDAKTAHUAN AKAN SESUATU.

Penjelasan
Kalo kita cermati baik-baik dialog-dialog yg ada difilm pasti kita temukan sedikit jawaban tentang Ruang 5 dimensi. Dari beberapa "Quote" yg TS ambil dan kalo disusun akan membentuk jawaban terciptanya ruang 5D.
Ini dia kumpulan Quote'nya.
.
.
(Saat di planet mann)
ROMILY: "Jika lubang hitam gargantua adalah adalah tiram, maka singularitas adalah permata didalamnya".
"Gravitasi yg begitu kuat yg selalu tersembunyi didalam kegelapan, didalam lubang itu"
.
.
(Saat Cooper di dalam ruang 5D)
COOPER: "Gravitasi, mampu menembus dimensi dan waktu".
.
.
.
(Romily dan cooper diplanet mann)
ROMILY - Aku punya saran untuk jalan pulangmu
COOPER - Apa itu?
ROMILY - Lihatlah kedalam lubang hitam
COOPER - Aku akan pulang rom
ROMILY - Ada kesempatan bagi umat manusia dibumi
COOPER - katakan
ROMILY - gargantua merupakan lubang hitam yg berputar nan tua, itulah sebabnya kami sebut singularitas lembut.
COOPER - lembut?
ROMILY - lubang itu memang tak lembut tapi pasang surut gravitasinya begitu cepat. Sesuatu yg bisa melewati lubang itu dgn cepat mungkin bisa bertahan, contohnya sebuah robot.
COOPER - apa yg terjadi setelah melewatinya?
ROMILY - setelah itu merupakan misteri besar.
COOPER - bukankah ada cara dari robot itu? melihat singularitas dan mengirim data quantumnya?
ROMILY - ya jika dia memiliki peralatan untuk mengirim setiap bentuk denyut energi. dan Tars merupakan kandidat utamanya.
.
.
.
(sesudah peristiwa planet miller)
AMELIA - cinta adalah satu satunya milik kita yg mampu mengamati dan melampaui dimensi ruang dan waktu. Mungkin kita harus mempercayainya walau kita tak bisa memahaminya.
.
.
.
(dialog mann dan cooper)
MANN - insting bertahan hidup kita merupakan satu satunya sumber inspirasi terbesar kita contohnya dirimu dengan insting bertahan hidup demi anak anakmu.
COOPER - (bingung)
MANN - kamu tahu apa yg dikatakan para peneliti mengenai apa yg akan kau lihat sebelum kau mati?
COOPER - (masih bingung)
MANN - anak anakmu. wajah mereka.
COOPER - (mulai paham)
MANN - pada saat kamu akan mati, pikiranmu akan berusaha keras untuk bertahan demi mereka.
COOPER - (tercengang)
.
.
Dan benar saat cooper hampir mati krn ulah mann, dipikiran cooper terlintas wajah murph anaknya.
Hal yg sama pula terjadi disaat cooper masuk kedalam gargantua dan cooper hampir mati krn dehidrasi akibat gravitasi dan wajah murph kembali terlintas dalam pikirannya. Setelah cooper sampai diinti gargantua, singularitas didalamnya membentuk keadaan, situasi, dan tempat tinggal anaknya murph.
cooper tidak jadi mati sesampainya di dalam inti gargantua krna <baca dialog romily dan amelia>
.
.
.
.
OK... INILAH KESIMPULAN MENURUT OPINI TS..
3D = dunia dan tempat tinggal kita
Singularitas = menembus ruang
Relativitas = menembus waktu
Subject = org yg masuk kedalam singularitas dan ruang yg tercipta sesuai pemikiran dari subject (baca quote amelia dan mann)
Tesseract = energi tanpa batas yg bisa menciptakan ruang dan menmbus waktu (menurut TARS)
Jadi ruang 5D bukan diciptakan tapi tercipta.
5D = 3D + Singularitas + relativitas + subject
Dan didalam ruang 5D cooper berhasil berkomunikasi dgn murph di umur murph 35 tahun dan membantunya menyelesaikan rumus persamaan gravitasi yg bisa menyelesaikan Plan A2, A3, dan A4 (liat diatas)
Akhirnya cooper berhasil sekalipun mengorbankan waktu puluhan tahun dan kehidupannya sebagai seorang ayah...
.
.
.
.
.
PERTANYAAN YG SERING MUNCUL
.
.
A: Kenapa Cooper bisa sampai ke permukaan Saturnus? kok bukan di tempat lain? sedangkan alam semesta maha luas?
B: Baca "teori lubang hitam" diatas..
.
.
A: Wah enak banget ya cooper cuman bermodal nekat doank kok bisa pulang?
B: Inti gargantua itu berputar,, plus ada pasang surutnya alias gk stabil.. coba aja klo cooper tiba disana diwaktu yg kurang tepat? mungkin doi modar...
.
.
A: Trus yg nutup ruang dimensi siapa?
B: Kan intinya berputar.. udah pasti lah ada timingnya...
.
.
A: waktu cooper muncul di depan saturnus siapa yg jemputin?
B: Di akhir film kan udah dijelasin.. stasiun ruang angkasa (4D) udh berhasil dibikin.. dan stasiunnya mengorbit di sekitar saturnus. Nah pasti disekitar itu banyak pesawat2 berupa ranger sering patroli udah pasti kan tiap pesawat ada radarnya...??
.
.
A: di akhir film kok ada robot kayak TARS di rumah cooper yg baru?
B: Iya itu TARS, doi ngikut ekornya cooper waktu diruang 5D sampe di depan saturnus tapi doi hancur.. Dan di reebot lagi sama cooper dan diganti nama jadi SLICK..
.
.
A: Jadi point penting dari pembahasan film ini apa?
B: ambil saja maknanya bahwa jangan pernah menyerah dengan keadaan.. ditengah kegelapan pasti ada setitik cahaya.. sekecil apapun harapan kita asalkan kita berusaha pasti ada jalan kluarnya...
.
.
A: Tangannya TS gk capek ngetiknya panjang amat?
B: .....GOLOK.....MANA.....GOLOK.......!!!!


Thankyou buat Clay WzNk :)

4 komentar:

  1. ..thanks penjelasannya,..yg pasti film ini inspirasi saya mengartikan dan energi Nya...hingga saat ini belum ada yg memastikan USA mendarat ke bulan, tetapi utk urusan film ini terkesan menguak alam semesta untuk mencari nabi setelah berpesan di muka bumi, adakah planet yg bisa kimanusia tinggal?, bila ada, maka cuma bumilah tempat Ramatin alamin...

    BalasHapus
  2. saya masih rada bingung itu kalau dalam realita apa anomali gravitasi bisa terjadi atau bisa d buat seperti yang ada di stasiun luar angkasa itu , semua bangunan 360 derajat jadi ada yg d bawah dan ada yang di atas .. tolong pencerahannya

    BalasHapus
  3. Mau tanya dong. Makna dari introduction itu apa sih?

    ''Jangan bersikap lembut pada malam yg indah itu...
    Masa tua akan membara dan akan berakhir di penghujung hari...
    Marahlah...
    Marahlah pada cahaya yang memudar....
    Walaupun ada orang bijak yang tahu dipenghujungnya...
    Kegelapan itu benar...
    Karena perkataan mereka bagai petir yang menyambar...
    Jangan bersikap lembut pada malam yg indah itu...
    Marahlah...
    Marahlah pada cahaya yang memudar.... ''

    BalasHapus
  4. ini salah satu film terbaik..!!

    http://www.sinopsis-review.com/2016/11/interstellar.html

    BalasHapus

DOWNLOAD SIMFILES PUMP IT UP : PHOENIX 2023

DOWNLOAD SIMFILES PUMP IT UP : PHOENIX 2023 Like Facebook pages for update information latest update 1.06 (16/02/2024) ...