Rabu, 04 Desember 2013

Melihat Indah nya api biru (blue fire) di Kawah Ijen




        Sabtu , 2 november 2013 kemarin aku dan tiga temanku yang lain pergi mendaki Ijen. Karena kebetulan kita sedang mudik ke Banyuwangi di waktu yang sama jadi kita manfaatkan buat reuni kecil. Cukup berbeda dari kunjungan ku ke Ijen sebelum sebelumnya karena kali ini kita akan mendaki di malam hari. Kawah Ijen adalah salah satu tempat yang membuat aku bangga akan jadi orang Banyuwangi. Kawah ijen unik , indah dan setiap perjalanan kesana selalu ada kesan. Walau tak setinggi Semeru dan tak se terkenal Bromo namun bagiku Ijen jauh lebih indah. 
      Aku , Panji , Virga dan Arman sabtu malam memulai perjalanan ke Ijen sekitar pukul setengah tujuh petang . Cukup ada rasa takut ke ijen malam malam seperti ini karena biasanya kita lakukan siang hari. Tapi aku begitu merasa tertantang melakukan nya. apalagi Tujuan kita ke ijen kali ini tak sekedar mendaki tapi ingin melihat Api Biru (Blue Fire). Dan blue fire hanya dapat di lihat saat malam hari. Maka dari itu kita berangkat nya malam hari.
       Sudah hampir 2 tahun sejak terakhir kali aku ke Ijen. Dan sekarang ijen jauh lebih mudah di jangkau. Banyak fasilitas fasilitas yang telah di bangun untuk mempermudah pengunjung. Jalan yang dulu nya hancur kini mulus. Tanjakan tanjakan curam sudah di keruk dan di landaikan. Tapi tetap saja ini naik gunung. Tanjakan masih ada dan tetap bisa membuat kita kesulitan. Seperti yang di alami temanku Panji dan Virga saat melewati tanjakan, motor mereka tak cukup tenaga dan terpaksa berhenti. Walau jalan nya sudah bagus tetap saja pakai motor matic tidak terlalu di anjurkan . Seperti yang kita alami , jadi kurang lancar. Tapi itu semua bukan masalah besar.
Foto yang ku ambil terakhir 2 tahun lalu
        Sekitar 2 jam perjalanan atau kurang mungkin , sampai juga kita di Paltuding. titik awal untuk tracking menuju ke kawah ijen dan tempat parkir kendaraan kita. Sempat kaget juga karena di sini begitu ramai dan banyak pengunjung. Jauh beda dengan dulu yang begitu sepi dan tenang. Aku tidak tahu apa memang setiap weekend ijen se ramai ini atau mugkin karena saat ini ada event internatioal Tour D Ijen yang di adakan pemkab Banyuwangi. Yang jelas saat itu cukup sedikit kecewa .
 
Rest point Paltuding
Pembangunan fasilitas umum di sini memang begitu pesat. Dari mem fungsi kan kamar mandi , meng aspal jalan dan mem paving sedikit track. Tentu saja ini sangat positif dan dan pasti nya segi negatif nya pun ada. Dan begitu sangat aku rasakan negatif nya. berikut aku tulis kan positif dan negatif nya pembangunan di Ijen
Segi positif:
- Jalan lebih bagus dan mudah di jangkau
- Menarik lebih banyak pengunjung karena akses begitu mudah
- Penataan dan pemnfaatan fasilitas parkir , penginapan dan kamar mandi kini rapi dan maksimal
- Event event besar bisa di adakan di sini karena semua fasilitas lumayan lengkap


Segi negatif:
- jalan yang lebih bagus membuat aura petualangan kita tidak terasa lagi
- Banyaknya pengunjung yang membuat rasa nya bukan di gunung tapi di pasar
- Banyak pengunjung berarti banyak pengrusakan. seperti yang terlihat, sampah yang dulu nyaris tidak ada kita sudah terlihat.
- Coretan coretan di beberapa post dan bangunan lain nya. dampak banyak nya pengunjung pula.
- Pembangunan paving di awal track membuat kesan pegunungan begitu tipis.
- Udara tak sebersih dulu. ya ini mungkin dampak dari pembangunan dan pengerukan jalan. Debu dan beberapa sisa material pembangunan jalan yang masih berserakan belum di selesaikan atau di bersihkan


        Sebenar nya sisi negatif itu bisa di minimalisir jika kesadaran pengunjung besar. Kalau aku dan teman cukup senang dengan maju nya pembangunan Ijen tapi jujur lebih banyak kecewa nya. Ke Ijen sudah tidak exclusive lagi (kata Virga) karena aura petualangan sudah tidak ada. Kita merasa bukan di gunung tapi kota yang banyak tumbuhan nya. Pembangunan jalan memang bagus tapi kalau pembangunan di Paltuding seharus nya tidak sebanyak itu. Biarkanlah alami , tak ada paving, tapi rumput. Tak ada track ber debu tapi berumput dan berbatu. Track ke atas tak perlu di lebarkan.Menarik minat wisatawan memang baik , tapi menjaga ke alamian dan kelestarian alam jauh lebih baik bukan?. Dan sepertinya wisatawan manca negara malah lebih berkurang di banding dulu. Tapi tetap saja pemkab Banyuwangi tak akan pernah membiarkan Ijen sepi pengunjung :) .

         Pernah aku baca blogg salah satu pengunjung mancanegara yang menceritakan bahwa ijen tak semenarik sejak terakhir kali dia kesana 3 tahun lalu. kata nya Kalau dulu bisa off road pakai mobil monster 4WD dan menguji adrenalin , sekarang bahkan mungkin bisa meluncur dengan skateboard.
         Baiklah , Karena sudah tak terlalu exclusive maka kita harus cari sesuatu yang lebih exclusive. Blue Fire.... ya, berburu blue fire yang konon hanya ada dua di dunia . yaitu di Ijen ini dan satu lagi di Iceland. Ah bukan, blue fire alam itu cuma hanya ada 1 di dunia , ya di kawah ijen ini. Banyak yang beranggapan blue fire itu ad pula di Iceland tapi mereka salah. yang di maksud blue fire di Islandia itu adalah nama sebuah Roller Coaster terbesar di sana. menarik bukan? , jadi mari kita buat malam ini berbeda haha.
oke, tinggalkan bahasa vickynisasi nya. mari berbahasa lebi alay atau apa lah.
        Aku , Panji , Arman dan Virga. Sebut saja kita ''Serigala Terakhir'' . Di Paltuding kita istirahat sejenak menunggu jam 12 malam karena katanya blue fire akan makin besar jika semakin malam. Para pengunjung lain pada bawa tenda dan kita bawa apa?. Koran . lebih exclusive kan?.

Alas Koran , Alas nya persahabatan , Alas nya sang petualang
         Nggak tahu deh itu siapa yang bawa. Lanjut bahas Bekal. Jangan di tanya bekal teman teman ku . Lebih lebih Armand , bekal nya cukup untuk stock kita ber 4 selama 3 hari mungkin. Belum lagi bekal virga yang di kasih ibu nya. memang naluri ibu itu seperti itu ya ke anak nya. Keripik pangsit satu kresek full , Plus ketan kelapa buatan mama nya Virga. Belum lagi air minum yang terlalu banyak. Tapi ketan nya Virga lumayan buat ngisi perutku yg dari siang belum makan. Walaupun rasanya bukan ketan kelapa lagi tapi es krim.

Sedikit review bekal kita , jangan tanya yang di dalam tas
       Di sini kita mencoba tidur tapi gagal total karena terlalu dingin. sempat ngobrol ngobrol dan foto fotoan Gaje juga sih di sini. Aku sih menyarankan sebaiknya bekal nya sedikit di kurangi tapi di tentang sama Panji. 



''Semua makanan dan minuman harus di bawa''
       Baiklah Panji , ke Ibuan sekali nalurimu. mungkin nanti kita di atas nyari padang rumput , lalu gelar tikar. mengeluarkan makanan makanan di rantang rantang. Tak lupa menancapkan satu payung besar. yay...!!!! kita piknik hore hore.... :( wkwkwkwk.
        sekitar jam setengah 12 kita mulai pendakian. 2 buah senter , beberapa tas berisi makanan (grrrr) dan minuman. dan tambah 2 anggota baru lagi. ''Serigala yang tersesat ''. Ada bapak sama anak nya yang nggak bawa senter mau bareng kita. ya cukup mengganggu juga sih. jadi nya obrolan kita harus di jaga kesopanan nya. coba ga ada orang itu pasti omongan kita...??? wakakakak.

        Baru setengah perjalanan . Sampai juga di tempat penimbangan belerang milik PT Candi Ngrimbi. Di sini para penambang menimbang hasil tambang nya terlebih dahulu untuk selanjutnya di bawa ke bawah. Karena malam hari jadi nggak ada aktifitas para penambang di sini. Istirahat sejenak , duduk duduk sebelum lanjut perjalanan.

Tempat penimbangan para penambang belerang malam hari

kalau siang hari seperti ini :p hehe

       Setelah menempuh perjalanan yang lama di karenakan setiap 10 meter kita istirahat, sampai juga di pinggir kawah. wah senang nya , di sini sampai kapanpun jadi tempat yang indah tak peduli berapa kali kita kesini. Setelah sejenak istirahat kita lanjutkan perjalanan kita menuju titik tujuan utama kita yaitu Blue Fire. Dan kali ini perjalanan jauh lebih berbahaya dan melelahkan. Tapi biarpun begitu kita begitu antusias. Obrolan dan candaan bikin lelah ini tidak terasa. dan di sini, kita belajar bahasa inggris juga wakakakakak ngakak banget.

        Blue Fire  (api biru) yang berada di Kawah Ijen  terjadi karena lubang solfatara dengan temperature  cukup  panas  membakar belerang yang berada didekat lubang solfatara sedangkan batu  belerang  (diambil penambang) terjadi  dengan temperature  160 – 200 derajad ,makanya untuk mendapatkan batu belerang diatur dengan  pipa (mengatur suhu).
Di dasar kawahpun sebenarnya juga menghasilkan belerang cukup besar hal bisa diketahui dengan menggunakan alat (eco sonding).
       Wow.... menakjubkan!. ini seperti di dongeng saja (lebay deh). keindahan alam yang langka memuat aku ingin berlama lama menyaksikan nya. Tak tunggu lama kita sudah sibuk dengan kamera jepret jeperet dan ternyata jdieeeeeeeng....!! api birunya nggak kelihatan di kamera. Kok bisa sih? padahal itu jelas , besar dan menyala eh giliran di foto kok ga kelihatan. Untung ada Virga yang lumayan sudah master di bidang fotografi :D. Dia utak atik kamera nya dan akhirnya bisa juga nangkap gambar nya. ya walaupun ga terlalu perfect hasil nya tapi ini sudah luar biasa.

Tak banyak gambar yang bagus yang kita dapat di sini. tapi aku kasih gambar yang juga cari cari di Google sih. iri juga lihat foto foto di Google yang hasil nya benar benar sempurna. pasti nya mereka yang ngambil gambar profesional di tambah kamera yang canggih.









        Biarpun masih tengah malam , masih saja ada para penambang yang melakukan aktifitas nya. Sungguh pemandangan yang membuat hati tertegun melihat betapa keras nya pekerjaan nya. Rasa nya naik turun di kawah ijen dengan tangan kosong saja begitu berat. Tak terbayangkan para penambang yang membawa beban ber puluh puluh kilo naik turun gunung. Kehidupan sekaligus kegiatan para penambang pernah di film kan di sebuah film dokumenter oleh Sasha Friedlander. Menonton film ini akan membuat kita berhenti mengeluh akan kesulitan kesulitan kecil di kehidupan kita. tonton di sini '' Where Heaven Meets Hell ''


Batu ini adalah emas bagiku

'' Batu ini adalah emas bagiku , bagi keluargaku.
  Api biru ini adalah hiburanku saat aku rindu keluargaku yang di bawah sana.
  Jalan terjal ini yang membuatku belajar curam nya kehidupan
  Dan aku tak akan mengeluh , karena membuat keluargaku merasa kenyang
  jauh lebih penting dari pada sebuah keluhan ''



        Tak puas karena menyaksikan dari kejauhan , kita memutuskan turun ke bawah dan menyaksikan lebih dekat. Tapi sayang nya , asap belerang yang pekat menghalangi. ah.... ga peduli. lanjut turun saja.
        Di sini lah saat paling berbahaya . Tiba - tiba asap datang mengepung kita. Begitu pekat dan bikin aku nyaris nggak bisa nafas. Aku pun langsung panik dan kembali ke atas. Dan tetap saja asap makin mendekat seolah olah kita di larang untuk masuk daerah kekuasaan nya. Terpaksa kita nggak melanjutkan sampai kebawah karena '' kegelapan '' tadi. Mungkin lain kali harus memutar jalan mencari jalur alternatif yang aman dari kejaran kegelapan. Dan yang pasti temanku Virga seperti begitu menderita dengan asap ini hehehe . Tak apa lah nggak sampai ke bawah dan mendekat. Jarak sekarang juga nggak terlalu jauh untuk menikmati blue fire
        Rasa nya seperti flashback ke 3 tahun lalu. Terakhir kali kesini dengan temanku temanku. Kejadian terkepung asap mirip sekali dengan dulu. Beda nya dulu kita lakukan siang hari dan kita berhasil menembus kegelapan haha. 


 
       Sudah dapat banyak gambar di blue fire saat nya santai sejenak. duduk istirahat, ngobrol dan makan di tempat yang jauh dari jangkauan '' Kegelapan '' .
'' watchout!! the darkness is comin...!! '' aman kok, ga ada Pyramid Head hahahaha.
       Oke selesai. Aku dan teman teman mulai kembail naik meninggalkan Blue fire. Karena udara makin dingin dan banyak pengunjung berdatangan, kita putuskan segera kembali naik. Untung kita turun lebih awal dan belum ada orang sama sekali. jadi lumayan tenang dan exclusive (kata Virga).
      Sampai di atas kita sudah merangkak rangkak. Dan ternyata di atas sudah banyak sekali pengunjung yang tidur tiduran di sela sela bebatuan. Kita pun cari tempat yang nyaman. berlindung dari ''badai pasir'' dan hawa dingin. Setelah cukup lama nyari sana sini tempat yang nyaman ketemu juga akhirnya. Rencana nya sih mau tidur tapi dingin nya terlalu menusuk. Udah nyari posisi se nyaman mungkin tapi mana mungkin bisa tidur. Terlebih lebih buat Arman yang sepertinya tidak terbiasa seperti ini. Maaf teman, ini kita ya seperti ini, maaf tidak bisa membawakanmu spring bed dan selimut wol. Mungkin lain kali kita perlu bawa Tenda , Kasur , selimut , Kompor , beberapa gelas coklat panas dan makanan ringan seperti Hot Dog , Spagetti , Burger , Pizza dan lain lain. uhuk uhuk just joke.
       Setelah beberapa lama kita pura pura tutup mata, kita melek lagi. Jingga nya matahari pagi 3 november sudah terlihat di balik bukit. terang dan menenangkan. memang benar kata pepatah. Habis gelap terbitlah terang (opo sih?).


samudra atas awan

sunrise di balik gunung

Ramai nya ijen
       Menyaksikan detik detik matahari terbit di sini benar benar menyenangkan. Walau udara 3 kali lipat lebih dingin dari semalam tapi ini sunrise terbaik yang pernah ku lihat. Dan andai saja tidak banyak orang dan hanya kita ber empat mungkin akan jauh lebih indah. Cahaya emas nya perlahan lahan menyeruak di balik sudut alam. Sedikit cahaya nya memberi sedikit kehangatan . Ini memang sunrise terindah . Dan yang membuat sunrise ini jauh lebih indah adalah , aku menyaksikan nya dengan sahabat sahabatku tercinta ini :) .
'' Bertemanlah dengan banyak orang , ah..... tak banyak pun tak apa apa asal setia _ Kushina ''

       Dan akhirnya sampai juga di ujung petualangan kita. perjalan turun kebawah begitu indah di temani bias bias cahaya matahari pagi. Mungkin Armand dan panji sedang memenuhi memori kamera mereka di belakang. Lucu sekali, bercanda saat turun juga bikin ngakak. Saat kita harus memberi nilai antara 1- 10 pada tiap orang yang lewat di depan kita. Dan pada akhirnya Arman jauh di depan mendahului kita karena panggilan alam. Tak lupa kita juga memetik buah berry Night Lock haha .

Berry Night Lock ... tidak beracun kok.
 (berry night lock : Berry beracun yang di makan foxface di film hunger games)
       Pas perjalan pulang ada saja kendala. Tiba tiba rem motor yang aku naiki blong. Bikin aku ketakutan setengah mati. Untung saja itu terjadi di tempat yang landai. jadi masih bisa di hentikan . Nggak kebayang deh kalau saat blong kejadian nya di tanjakan Sodong (sebutan masyarakat setempat bagi tanjakan paling curam). Pasti aku sudah di rumah sakit. Alhamdulillah , Allah selalu menjaga ku dan teman teman ku. Dan kita semua belajar dari itu.
      Rasa nya senang , setelah sekian lama nggak ketemu karena kesibukan masing masing tapi masih punya sedikit waktu untuk berpetualang bareng. Mungkin bagian paling menyenangkan bukan saat naik gunung, saat blue fire atau mungkin saat sunrise. Tapi karena kita bebas bicara sesuka hati tanpa ada yg harus di rahasiakan. Bebas nyablak lah istilahnya kalo dengan kalian :p. Lets do it all again someday.
Terima kasih kawan Panji , Arman dan Virga atas petualangan nya yang seru.
       Mungkin kita semua berubah, teman teman yang lain pun sudah berubah. Kita semua ingin berubah jadi lebih baik. tapi , tak ada yang negatif dari persahabatan ini. jadi kita tak perlu mengubah nya. Ubahlah tingkahmu , siapkan rencana masa depan dan cinta mu. Tapi melupakan teman dengan alasan ''ingin berubah'' itu tidak perlu bukan?. kalau memang ingin berubah seharus nya bisa di lakukan dengan atau tanpa teman.

sekian, salam persahabatan. maaf bahasa berantakan , namanya juga blogg iseng.

FB : Shane Redfield
Twitter : @shane_redfield



Selasa, 03 Desember 2013

DOWNLOAD SIMFILES LAGU INDONESIA

 SIMFILES LAGU INDONESIA




STEPMANIA INDONESIA


kalo ada yang request lagu silahkan ke sini ya Stepmania Pump It Up INDONESIA

SAMBALADO - AYU TING TING
[BGA:SAMBALADO]

BANG JONO - ZASKIA GOTIK
[BGA:BANG JONO]

STOP - DEWI SANDRA FT OLA


ABANG GODA - DUO SERIGALA


AKU RAPOPO - JUPE

GEBOY MUZAIR - AYU TING TING

GOYANG DUMANG - CITA CITATA
[BGA:GOYANG DUMANG]

IN YOUR MIND - ANGGUN C SASMI

SAKIT NYA TUH DI SINI - CITA CITATA


TAK ADA LOGIKA - AGNEZ MO






Flashdisk / DVD berisi Stepmania lengkap , cek di sini


Misteri dan rahasia di cerita film ''The Hunger Games''

Misteri dan rahasia di cerita film ''The Hunger Games''


The hunger games adalah seri fiksi novel karangan Suzanne Collins yang akhirnya di angkat ke layar lebar oleh sutradara Gary Rose. Bagi kalian yang sudah menonton film nya pasti suka. Tapi tahukah kamu kalau di versi film banyak hal hal yang tak di jelaskan seperti asal usul karakter dan latar belakang nya? . Di sini aku akan coba review beberapa tokoh dan kejadian penting yang tidak ada di film Saya juga akan membeberkan beberapa hal menarik di Hunger Games. mungkin ini agak spoiler untuk The Hunger Games versi selanjut nya. Tapi tidak masalah karena dengan ini akan membuat kalian pecinta The Hunger Games akan semakin penasaran. Berikut saya tuliskan.
INTERMEZZO
1. Katniss merupakan simbol pemberontakan bagi 12 distrik yang menentang kekejaman Capitol
2. Haymitch sang mentor Katniss dulu nya adalah pemenang dari Hunger Games ke 50.
3. Pemilik pin asli Mocking Jay bernama Maysilee Donner yang juga merupakan sekutu haymitch dulu di hunger games ke 50
4. Prim adik katnis dia punya bakat perawat mewarisi bakat ibu nya dan menjadi juru rawat di sitrik 13. Di Mocking Jay Prim di pilih mengikuti Hunger Games dan tewas karena pengeboman atas perintah Presiden Coin
5. President Snow merupakan orang tenang namun sebenar nya psikopat dan berdarah dingin. Dia tak segan membunuh , mneyiksa siapapun yang menentang nya. Dia juga operasi melebarkan bibirnya sesuai trend di capitol. Dia berbau darah dan mawar yang berasal dari luka dalam mulutnya yang tak bisa sembuh saat usahanya menguasai Panem. President snow tewas di seri terakhir dn kematian nya masih belum jelas penyebabnya. namun bukan karena di bunuh Katniss
6. Foxface , julukan oleh katniss adalah peserta hunger games ke 74 yang paling cerdik. Namun tewas karena makan Berry Night Lock yg di petik Peeta
7. Tresh, pasangan Rue memilih menghindari pertandingan dan bersembunyi di ladang gandum sampai akhirnya dia benar benar keluar dan tewas oleh Cyber tooth. Dia juga di tawari Cato untuk bersekongkol namun dia menolak
8. Rue merupakan anak petani buah buahan di distrik nya sehingga dia pandai memanjat pohon dan mengerti tanaman tanaman obat.
9. Setelah kemenangan Katniss Dan Petta, tiap tahun mereka sepakat membagikan sebulan hasil kemenangan nya pada keluarga Rue dan Tresh.
10. Kucing Katniss bernama Buttercup. Dia di bawa katnis setelah selamat dari pengeboman. Katnis awalnya tidak menyukai nya dan ingin memasak nya :p . namun di akhir cerita dia menjadi hewan kesayangan nya dan tak terpisahkan.
11. Hunger Games ke 75 sedikit berbeda karena jumlah nya 48 peserta dari pemenang pemenang hunger games terdahulu. baik Tua muda kembali bertarung atas perintah kejam President Snow
12. Diam diam para peserta hunger games ke 75 merupakan pemberontak yng berusaha memberontak Capitol dengan jalan membantu Katniss keluar Arena sebelum pertandingan selesai.
PESERTA HUNGER GAMES KE 75
13. Gloss dari district 1 berumur 20 tahun. katniss pernah menonton pertandingan nya saat kecil. dia bergabung dalam sekutu antagonis. Dia tewas di panah Katniss di pelipis karena menggorok salah satu sekutu Katniss
14. Cashmere gadis cantik adik Gloss dari district 1 tewas oleh Johanna dengan kapak di dada nya. Dia di protitusikan olej president snow ke sponsor dengan penawaran tertinggi.
15. Brutus adalah antagonis paling kuat dan jahat di hunger games ke 75. Dia dari distrik 2 sama seperti Cato yang dengan senang hati menawarkan diri sebegai peserta. Dia mencoba mengajak Katniss bergabung dengan nya tapi di tolak. Kematiann nya merupakan kematian terakhir di HG ke 75 sekaligus penutus sejarah HG
16. Enobaria adalah pemenang hunger games ke 62. dia pandai mencabik lawan dengan gigi nya. Dia pun me modif giginya menjadi runcing dan berlapis logam
18. Beetee dari distrik 3 sekutu Katniss , mahir dalam tekhnologi. Berkat kepintaran nya menguasai technologi dia berhasil menghancurkan medan gaya dengan aliran listrik. Dia berhasil keluar dari arena dan lari ke distrik 13. Dia juga membuatkan senjata bagi para penduduk untuk pemberontakan. Dia mengebom kediaman president Snow dengan Gale tapi Primm Tewas karena ledakan itu
19. Wiress, sekutu katniss dari district 3 merupakan. dia pandai teknologi tapi bicara nya tidak jelas. dia juga yg mengungkapkan bahwa arena berbentuk seperti jam.
20. Finnick Odair dari distrik 4, sekutu katnis yg pernah memenagkan HG ke 65 di usia nya yg baru 14 thn. Dia punya seorng istri dan 2 anak. Dia jatuh cinta pada Annie peserta HG juga yang dlu pernh di kenal nya. Dia juga merupakan pemuda paling tampan sehingga banyak sponsor yang menyukai nya. terkenal playboy dan punya banyak kekasih di Capitol. Dia di suruh ber prostitusi oleh president snow ke sponsor penawar tertinggi dengan ancaman jika menolak maka keluarga nya akan di bunuh. Tewas oleh Mutt di saluran air
21. Mags, peserta tertua berumur 80 tahun di HG 75. Walau sudah renta namun dia ahli membuat sesuatu dari apa saja , contohnya membuat anyaman yang kedap air. Dia sebenarnya datang menggantikan Annie seperti hal nya Katniss Menggantikan Prim. atas keberaniannya Katniss mengajak nya menjadi anggota. Mags bunuh diri dengan menerobos masuk ke asap beracun. membuat Finnick depresi atas kepergian nya.
22. Pecandu Morplhing, laki2 dan perempuan dari distrik 6. Julukan itu di pakai katniss karena mereka kecanduan morphling dan karena tak tahu namanya. Mereka pandai melukis dan pandai berkomuflase.
23. Blight, teman Johanna. Saat dehidrasi dia meminum air hujan yang ternyata hujan darah.
24. Johanna Mason. dari distrik 7 merupakan karakter penting di HG. Dia pemenang HG ke 71 di mana dia berpura pura jadi seorang pengecut dan mnghindari pertandingan. namun setelah peserta sedikit dia sangat cerdik, licik, dan sadis. Dia ada di pihak Katniss. Dia juga pernah hendak di protitusikan oleh president Snow tapi menolak. semua keluarga nya di bunuh oleh Capitol. dia berhasil membantu katniss keluar dan tertangkap lalu di siksa di air ber listrik. sejak itu dia jadi Phobia air.
25. Woof, peserta tertua kedua setelah mags. dia beruumur 75 tahun. dia aga pikun dan suka makan serangga beracun.
26. Cecelia, 30 tahun ibu dari 3 orang anak. dia punya sifat ke ibuan.
27. Chaff , kawan sejati Haymitch. tangan nya terpotong saat memenangkan hunger games dulu. Dia tewas di tangan Brutus.
28. Seeder , peserta kulit hitam dari distrik 11. Berusia 60 tahun. Dia juga dari distrik Rue dan Tresh.
LAIN- LAIN
- Finnick merupakan peserta yang mendapatkan barang mahal dari sponsor berupa trisula. karena ketampanan nya dia banyak di sukai sponsor.
- Semua peserta sebagian besar berencana membantu katniss keluar arena , kecuali kelompok Brutus.
- Kucing Katniss bernama Buttercup. Dia di bawa katnis setelah selamat dari pengeboman. Katnis awalnya tidak menyukai nya dan ingin memasak nya :p . namun di akhir cerita dia menjadi hewan kesayangan nya dan tak terpisahkan.
- Cinna perias dan designer Katniss tewas di bunuh.
- Karya terkahir Cinna untuk Katniss berupa sebuah baju yang katanya kelak akan menjadi simbol pemberontakan.
- Lavinia pelayan yang di potong lidah nya oleh Capitol karena memberontak.
- Caesar Flickerman sudah menjadi host HG selama 25 tahun sejak HG ke 50
- Titus, salah satu pserta HG ke 71 yang menjadi Kanibal karena memakan daging teman nya sendiri. Itu di lakukan karena arena nya berupa kutup yang jarang makanan.


sebenar nya masih banyak karakter karakter yang ingin saya Tuliskan tapi aku lanjutka lain waktu saja. Happy Hunger Games , and may the Odds be ever in your favor.