Senin, 05 Mei 2014

BANYUWANGI PANORAMA : AIR TERJUN SUMBER PAWON



AIR TERJUN SUMBER PAWON
New Entry by UR 

                Saya adalah pecinta wisata alam , khusus nya air terjun. Bagi ku air terjun itu jauh lebih indah dari tempat wisata apapun. Jika kebanyaka teman teman bercita cita ingin ke Paris melihat Eifel dan lain lain, maka saya lebih memilih ke Venezuela untuk melihat air terjun Angel ( Angel Falls ) yang merupakan air terjun tertinggi di dunia. Selama ini saya sudah mengunjungi beberapa air terjun di Banyuwangi seperti Lider di Songgon, Antogan di Rogojampi , air terjun Kalibendo , air terjun kembar di Kalibaru dan juga air terjun Selo Giri.

                Kadang saat liburan di rumah itu tidak lengkap tanpa yang nama nya jalan jalan. Tapi kadang juga bingung harus jalan jalan ke mana karena hampir sebagian besar sudah pernah di kunjungi. Dengar dengar  bahwa ada wisata air terjun baru di Banyuwangi. Bukan baru  , cuma baru saja di temukan dan di jadikan objek wisata. Dan benar , tak jauh dari pusat kota ada air terjun indah yang selama ini banyak di lewatkan oleh masyarakat Banyuwangi. Namanya Air terjun Sumber Pawon. Ada dua air terjun utama di sini. Namanya air terjun Jagir dan satu lagi air terjun Kethegan. Dan ini termasuk di salah satu daftar wisata alam terbaik di Banyuwangi

Air terjun sumber pawon pertama

                Air terjun Sumber Pawon terletak di desa Kampung Anyar , kecamatan Glagah , Banyuwangi. Berjarak sekitar 15 KM dari pusat kota Banyuwangi. Jika kalian pernah ke Kalibendo maka kalian akan melewati tempat ini. kira kira 1 KM sebelah timur Kalibendo. Dan aliran sungai nya pun masih satu hulu sungai dari Kalibendo. Letak nya pun sebenar nya nyaris di pinggir jalan namun tidak terlihat karena tertutupi pepohonan. Akses jalan ke sini dari kota sudah tahu kan? , sangat mudah dan jalan nya pun bagus. Jadi jalur ke barat ini ada beberapa tempat wisata terkenal seperti Tamansuruh , Kalibendo , sumber Pawon dan berakhir di Kawah Ijen Blue Fire.


                Sebenar nya sudah sejak kecil saya mengetahui ada nya air terjun ini. Karena kebetulan di kampung ini juga ada rumah saudaraku. Dan dulu sempat di ajak bermain ke tempat ini. Meskipun dulu hanya berupa air terjun di tengah semak belukar. Dan sekarang pun saya kembali ke sini seperti ber nostalgia. Karena ingin hemat saya parkir motor di titipkan ke rumah saudaraku itu haha..... padahal parkir nya cuma 2 ribu saja :p . Sebagian besar pengunjung tidak tahu nama air terjun ini. Maka saya namakan air terjun ini dengan nama Sumber Pawon. Wah, berani sekali saya asal kasih nama.... haha. Bukan, memang menurut penduduk sekitar memang mata air nya di sebut Sumber Pawon. Perlu kalian tahu bahwa air terjun ini berasal dari mata air langsung. Arti nya bukan dari alirang sungai Kalibendo melainkan jatuh langsung dari mata air.  Ada dua mata air di sini yang artinya ada 2 buah air terjun yang indah di sini. Atau tiga ya?, haha  keren kan? :D . 

Mata air sumber pawon


                Sebenar nya ada 3 buah air terjun yang indah di sini. Tapi lokasi utama wisata ini adalah tepat di mata air ini. Sumber Pawon di ambil dari Bahasa Osing yang artinya mata air dapur. kenapa di sebut begitu karena letak mata air ini tepat di belakang rumah penduduk atau tepat di belakang dapur rumah penduduk. Memang benar, di atas air terjun itu adalah rumah penduduk dan jalan raya.
 
Air terjun ke dua
                Air terjun pertama adalah yang paling indah karena aliran air nya melebar. Sebagian besar pengunjung menghabiskan waktu untuk mandi dan sekedar ber foto ria di sini. Di sebelah nya , sekitar 10 M ada lagi air terjun ke dua. Memang tak seindah yang pertama karena di atas nya ada bangunan tempat pemandian umum milik warga sekitar. Tapi tetap saja tak mengurangi keindahan alam di sini. 


                Waktu menuruni tangga ke bawah saya kok jadi ingat pas saya berkunjung ke air terjun tawang mangu di Solo ya, hahaha.... melewati seribu anak tangga. Walau sebenar nya tak sampai seribu , bahkan jauh lebih pendek dari Tawang Mangu :D. Tapi kalau masalah panorama alam nya , di sini tak kalah dengan Tawang Mangu di Solo Maupun di Cuban Rondo malang. Bagaimana pun di sini masih alami. Dan semoga pemkab Banyuwangi tak  melakukan pembangunan di sini seperti yang telah di lakukan di beberapa tempat wisata di Banyuwangi agar kesan alami nya selalu terjaga. Karena bagaimana pun saya menyayangkan beberapa tempat wisata yang mulai di rombak oleh pembangunan ber semen dan pasti ada pungutan tiket masuk. Contoh nya saja Watu Dodol , Kalibendo dan Pulau merah. sekarang ke tiga  tempat itu mengenakan biaya tiket masuk dengan alasan untuk kebersihan. tapi entah kenapa sejak ada pungutan tempat nya semakin tak bersih. Dan paling parah adalah Pulau Merah dan Watu Dodol. Semoga Bupati kesayangan kita bisa meninjau langsung bagaimana rusak nya.

                Kembali ke topik. Saya pun begitu ingin dan niat untuk me review tempat ini sejak lama dan baru kesampaian sekarang. Dengan kamera digital jadul ku plus sandal jepit mewah ku :p saya pun antusias untuk menjelajahi dan segera menulis nya di Blogg. Bahkan ketika teman teman yang lain sibuk bermain air saya malah sibuk mengambil gambar pemandangan sekitar. Karena kamera nya se ada nya maka ya hasil nya pun se ada nya. Di bawah ini adalah foto foto air terjun Sumber Pawon di titik utama. Jangan khawatir, masih ada titik ke dua yang jauh lebih menakjubkan dari ini.

                Saat nya me review titik ke dua. Tak jauh dari lokasi utama sumber Pawon , Sekitar 300 M ke barat maka kalian akan menjumpai air terjun ke tiga yang lebih menakjubkan. Jadi , saat kamu hendak masuk kalian akan mendapati 2 jalan bercabang. Yang ke kanan adalah ke lokasi utama dan yang ke kiri adalah lokasi ke 2. Jalan nya memang cukup susah dan terjal karena tak sepenuh nya di buat jalan. Tapi jarak nya tak jauh kok, jadi tidak perlu khawatir ke lelahan.




                beberapa menit setelah menuruni jalan dan nyebur nyebur sungai :p . Maka kalian akan segera bertemu dengan air terjun ke 3 ini. Berbeda dengan yang utama tadi , yang ini bukan jatuh langsung dari mata air melain kan aliran dari sungai Kalibendo. Sehingga volume air nya pun cukup besar dan deras. Ketinggian nya pun lumayan hampir menyamai air terjun Lider. Tak banyak gambar bagus yang bisa ku ambil di sini karena hempasan angin dari air terjun nya cukup kencang. hendak nge jepret selalu saja lensa kamera tertutupi embun. Jadi , jika kalian melihat langsung maka kalian akan mendapati pemandangan yang jauh lebih indah dari foto foto di bawah ini.



                Bagaimana? , Indah bukan?. Semoga bisa menjadi refrensi  teman teman untuk mengisi liburan. Banyuwangi itu luar biasa. Banyak potensi alam yang sangat bagus sebagai tujuan obyek wisata.

UR

Baca juga

1 komentar:

  1. buat traveller pencinta pulau pulau se Indonesia, bali, lombok, dll, yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : INDONESIA i love you - oiya, indonesia juga terkenal lho akan oleh-olehnya kalo kita travelling.. nah sebagai salah satu ide oleh oleh mungkin bisa cari orang atau toko oleh oleh yang jual madu asli , karena madu asli itu bagus buat oleh oleh atau dikonsumsi sendiri saat travelling, biar jalan jalannya kuat dan tetap sehat (karena madu bisa jaga sehat & stamina kita)- makasih untuk tulisannya ini ya kakak.

    BalasHapus