Jumat, 10 Agustus 2012

Daftar Wisata Alam Terbaik Di Banyuwangi

Blogg ini adalah versi perbikan dari blogg lama ku 11 daftar wisata alam terbaik di banyuwangi    

 Banyuwangi adalah kabupaten terluas di Jawa Timur. Wilayahnya cukup beragam, dari daratan rendah hingga pegunungan. Karena letaknya di daerah selatan, alam banyuwangi termasuk masih alami dan bersih dari pada di daerah pantai utara jawa. Pantai nya pun sangat berpotensi menjadi obyek wisata favorit. Berikut adalah beberapa tempat wisata alam terbaik di Banyuwangi versi saya


1. Cagar Alam Baluran


    Merupakan cagar alam yang letaknya skurang lebih 35km di utara Banyuwangi. Di tempat ini merupakan tempat konservasi perlindungan flora dan fauna. sedangkan keunggulan nya sendiri adalah padang rumput (savana) yang luas yang di huni komunitas hewan liar seperti Banteng, rusa dan lain lain. Di tempat ini juga terdapat menara pengawas dimana pengunjung dapat menaiki nya dan menyaksikan keindahan padang rumput yang luas serta hewan hewan-hewan liar. dari menara ini juga bisa menikmati matahari terbit (sunrise) yang indah dari balik laut pantai Bama. Di baluran juga memiliki pantai Bama yang eksotis dan masih alami. terdapat hutan bakau yang rimbun di sebagian sisi pantai ini. Pantainya bersih,jernih dan juga dangkal. dengan panorama terumbu karang yang menawan dan keadaan laut yang tenang sangat menyenangkan untuk ber snorkling. di tempat ini juga banyak terdapat monyet monyet liar yg siap menemani bahkan kadang menjahili di saat menikmati keindahan pantai. akses menuju tempat ini dari pintu gerbang terbilang cukup jauh dan agak sulit. namun bisa menikmati keindahan hutan belantara dan jika beruntung,bisa bertemu beberapa burung liar seperti Merak dan lain lain. Untuk situs resminya di Baluran National Park


2. Pantai Watu Dodol
    
    Pantai watu dodol terletak di sebelah utara Banyuwangi yaitu perbatasan Banyuwangi - Situbondo. Posisi pantai ini sendiri tepat di sebelah jalan raya propinsi. Sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang indah sejenak ketika sedang istirahat perjalanan. Di pantai ini terdapat dua land mark, yaitu batu raksasa yang letaknya tepat di tengah jalan raya yang memisahkan jalan menjadi dua jalur. Yang ke dua yang baru saja di bangun adalah Patung penari gandrung di bibir pantai. keadaan pantai ini bersih dan indah. airnya biru jernih dengan pasir nya yang di hiasi batu batu (batu dodol) di salah satu bibir pantai. Uniknya di pantai ini juga terdapat mata air tawar yang mengalir ke pantai. dan rasanya tawar dan bisa di minum. Tak jauh dari pantai terdapat bukit yang indah. Jika menyaksikan panorama pantai dari bukit ini maka sungguh jelas indahnya biru laut watu dodol. Di Bukit ini juga terdapat tempat bersejarah yaitu Goa Jepang. Untuk menuju pantai watu dodol tidak sulit karena melewati jalan raya besar. untuk informasi labih lengkap Blambangan ID

3. Agrowisata Kalibendo



     Tempat ini terletak di Bagian Barat Banyuwangi kira kira sekitar 20km dari kota. tepat pada jalur menuju kawah ijen. Wisata ini terdapat di dataran tinggi sehingga udaranya sejuk dan masih alami. Pemandangan khas nya adalah tanaman Cengkih,karet,kopi dan lain lain. Di Kalibendo juga terdapat sungai yang jernih dan asri yang menjadi tempat favorit pengunjung melepas kepenatan hiruk pikuk kota. di sni juga terdapat Air terjun yang indah dan menjadi tempat favorit anak anak muda untuk berwisata bersama teman temannya. tapi yag jadi daya tarik utama dari tempat ini adalah udaranya yang sejuk dan suasana pedesaan yg masih tradisional. Tentu dengan adanya sungai yang jernih dan dingin menjadi daya tarik tambah buat tempat ini. Sebelum turun menuju sungai juga terdapat Lapangan sepak bola milik masyarakat kalibendo. Untuk lengkapnya bisa di lihat di sini Kalibendo

 4. Tamansuruh


     Terletak di sebelah barat Banyuwangi sekitar 10km dari kota. Di kecamatan Glagah desa Tamansuruh. Semua warga Banyuwangi pasti tahu tempat ini.Tamansuruh merupakan wisata alam berupa Kolam renang. Tapi tak hanya sekedar kolam renang biasa, keunggulan kolam renang ini menggunakan air yang langsung dari mata air alami. Air nya sejuk (tidak dingin sekali) sehingga membuat siapapun betah berlama lama berenang di kolam ini. tempat ini sangat menyenangkan dengan udara pegunungan yg alami dan asri khas pedesaan. tidak seperti kolam renang yg lainnya yang air nya penuh klorin, air di tamansuruh tanpa ada tambahan klorin. airnya pun terus mengalir tanpa henti sehingga kebersihannya terjamin. boleh di bilang Tamansuruh adalah pelopor pertama berdirinya kolam renang yg alami. walau kini banyak bermunculan tempat wisata lain tetap tempat ini jadi tempat favorit ku dan teman teman untuk menikmati liburan. Mandi di sini serasa spa. untuk detailnya Tamansuruh

5. Air terjun Lider
      Lider berada di desa Sumber Arum, kecamatan Songgon banyuwangi. Merupakan air terjun terbaik dan tertinggi di Banyuwangi. Medan untuk menuju tempat ini memang cukup sulit. Melewati hutan dan serta perkebunan yang jalannya belum ter aspal. Tepat sampai di pemukiman warga kita memarkirkan kendaraan kita. Setelah itu kita berjalan kaki menuju lokasi air terjun ini. Setelah sampai di bibir jurang, tunggu dulu..perjuangan belum selesai. medan yang sulit dan tebing tebing curam dan terjal akan menemani suasana perjalanan anda. melewati beberapa anak sungai yang lumayan sulit, di tengah perjalan juga terdapat air terjun kecil. Untuk menuju air terjun utama kita bisa melanjutkan perjalanan lagi. tentu harus penuh perjuangan. Setelah sampai, siap siaplah mata anda terpana akan keindahannya. ketinggian yang sempurna dengan volume air yang besar. Di sisi sisi air terjun utama juga terdapat air terjun kecil kecil yang menkajubkan mata. Untuk menuju tempat ini perlu jiwa berpetualang. tapi di jamin, perjuangan berat anda akan terbayar dengan keindahan nya. lengkapnya Lider

6. Pulau Merah ( Red Island)


      Pulau Merah terletak di daerah selatan Banyuwangi. Pantai ini begitu indah dengan ombak yang pas untuk ber surfing ria. Di tengah tengah terdapat pulau kecil atau bukit yang tanahnya berwarana kemerahan yang karena itu tempat ini di sebut pulau merah. keadaan pantai nya juga masih cukup bersih dengan pasir putih yang mempesona. Tidak akan bosan menikmati tempat ini. Jika senja tiba kita juga bisa menyaksikan sunset yang indah. Pulau merah memang terbilang cukup jauh dari Kota dan medan nya pun bermacam macam tingkat kesulitannya. Banyak pengunjung di tempat ini. Jadi tak perlu takut bermain dengan ombak besar karena banyak orang di sekitar kita. tempat ini cocok untuk liburan keluarga dan teman teman. tapi jika ke tempat ini tidak mandi... rugi banget dah. lengkapnya pulau merah

7. Pantai Rajeg Wesi


    Pantai ini letaknya di desa Sarongan kecamatan Pesanggaran. Jaraknya lumayan jauh dari kota Banyuwangi. untuk menuju pantai ini kita harus melewati daerah perkebunan. Penduduk di sini pun ramah ramah dan akan menyambut para pengunjung dengan sapaan yang hangat. Pantai nya yang Bersih dengan pasir putih yang indah membentang yang di batasi bukit bukit hijau yang indah. Siapapun yang pergi ketempat ini tidak akan merasa bosan. karena pantai ini juga dekat dengan pegunungan, tentu udara disini  tak panas seperti pantai pantai pada umumnya. Ombaknya pun tak terlalu tinggi sehingga pengunjung bisa berenang. Tempat ini juga masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri. jangan tunggu lama lama untuk menentukan liburan anda ke tempat ini. keren sekali :)

8. Sukamade


      Pantai sukamade ini juga termasuk di kawasan Taman Nasional meru betiri. Semua kawasan pantai yang berada di taman nasional Meru betiri adalah pantai selatan. sehingga lautnya masih bersih dan alami karena belum sering di jamah orang. Pantai ini sendiri juga tempat penangkaran Penyu. Namun untuk menuju tempat ini memang butuh jiwa petualang yang besar. jalan yang kita lewati adalah jalan berbatu, kadang juga kita harus menyebrangi sungai. Di kawasan ini layaknya tempat di pedalaman hutan. Semuanya masih asri dan hijau. di sepanjang perjalanan kita juga bisa melihat monyet dan satwa liar lainnya. Ya.... saya akui saat pertama kali kesini rasanya jalan ini semakin memanjang bagai karet, tak sampai sampai rasanya. Tapi setelah sampai tempat ini..''welcome to paradise'' selamat datang di surga. keindahan pantai yang belum pernah anda lihat sebelumnya. Airnya yang hijau dan bening serta pantai yang bersih akan memanjakan mata kita. di tempat ini kita juga bisa belajar tentang penyu karena di sini ada penangkarannya. Jangan lupa bawa kamera ya, rugi deh kalo nggak bawa. satu lagi kalo ke tempat ini usahakan bawa motor sendiri sendiri, kasihan motornya jika melewati jalan berbatu yang panjang harus boncengan :p

9. Teluk Hijau (Green Bay)

         Teluk Hijau berada di kecamatan pesanggaran dan juga masih di kawasan taman nasional Meru Betiri. dan pasti kalian sudah tahu setiap pantai di kawasan Banyuwangi selatan adalah indah dan boleh di bilang pantai surganya Banyuwangi. Untuk menuju tempat ini kita melewati jalur yang sama seperti menuju Rajeg wesi ataupun Sukamade. namun Teluk hijau sendiri lebih dekat di banding  dua tempat itu. Pemandangan indah dan menakjubkan jiika di lihat dari atas bukit. tebing tebing tinggi yang hijau serta hempasan ombak dari laut yang bersih. Tapi kamu belum sampai tujuan pantainya alias tujuan utamanya. Kebanyakan di Taman Nasional Meru Betiri ini adalah tujuan utamanya Sukamade dan Rajeg Wesi. sehingga kadang pengunjung hanya berhenti sejenak dan melihan teluk hijau dari kejauhan sembari istirahat sebelum melanjutkan perjalanan. padahal jika ingin menyusuri sedikit hutan dan bukit pasti sampe Pantainya. tapi pantai utamanya ada di balik bukit. Dan, welcome pada surga pantai yang sesungguhnya. Menurutku panorama alam di sini jauh lebih indah di banding Sukamade atau Rajeg Wesi. pasir yang putih,air yang bening, serta di tengahnya tak jauh dari pantai ada bukit atau pulau kecil. Di salah satu sisinya juga ada batu,entah batu apa itu berwarna kuning kecoklatan. merupakan angel yang pas buat bidikan kameramu. satu lagi kelebihannya. sekitar 20 meter dari pantai ada Air terjunnya. unik kan?. saat musim penghujan maka volume air akan makin deras dn indah. jadi walaupun jauh dari pemukiman, kamu ga perlu susah susah untuk mendapatkan air tawar untuk bilas. selamat menikmati ya.      

10. Pantai Plengkung ( G- Land)
      Surfing time... itulah yang ada di benak ku saat mendengar nama Plengkung. ya, memang tempat ini Surganya para pe selancar dunia. bagiku tak ada ombak terbaik selain di G-land ini. Turis luar negri saja banyak yang tertarik tempat ini, apalagi orang lokal. Tempat yang punya ombak sempurna ini tentu masih di kawasan banyuwangi selatan. Di taman nasional alas Purwo. tentu perjalanan kita harus melewati alas purwo terlebih dahulu. tempat ini di kelilingi hutan sehingga banyak yang menyebutnya ''surga kesunyian''. juga melewati hutan jati. Sesampai di daerah pancur, warna hutan hujan tropis akan menyejukkan mata sepanjang perjalanan. Disini juga terdapat beberapa resort dan tentu saja resort nya mengusung tema ''surga kesunyian'' hahahahaha. tak bisa di jelasin panjang lebar lagi. pokoknya indah dan luar biasa tempat ini. sedikit info tambahan PLENGKUNG
      kawah ijen merupakan tempat yang indah di pegunungan kawah ijen. di sini ada suatu kawah , kaldera dan danau hijau yang menakjubkan ada di puncak gunung ini. Tempat ini adalah tempat favorit wisatawan asing di Banyuwangi. untuk menuju tempat ini di butuhkan juga jiwa petualang. atau lebih tepatnya butuh tenaga extra. walaupun sebenarnya kawasan ini berada di kabupaten Bondowoso,tapi  jalur akses nya lebih mudah dan cepat dari banyuwangi. mingkin hanya kawasan kawahnya saja masuk bondowoso tapi untuk pos bawah adalah milik banyuwangi. jalan menuju tempat ini benar benar rusak lumayan parah. si tambah medan yang extrem dan licin. kemiringan tanjakannya juga cukup berbahaya. bagi yang ingin menggunakan mobil, di sarankan pakai mobil monster atau 4wd. jika tidak,siap siaplah mobil mu masuk bengkel.  sesampai di pos kita bisa memarkirkan kendaraan kita dan di lanjutkan dengan tracking atau jalan kaki menuju puncak. memang butuh tenaga extra. tapi semua akan terbayar jika kita sudah mencapai puncaknya. serasa berada di suatu alam lain yang berbeda (lebay). di sini kita juga bisa melihat aktifitas para penambang Belerang yang penuh resiko. kalu ingin lihat pas malam hari, tentu ijen lebih indah karena cahaya pendaran dari belerang.  baca lengkapnya kawah ijen

itulah beberapa tempat wisata alam paling menarik versiku. blog ini sebenarnya cuma iseng, tapi siapa tau bisa buat refrensi kamu untuk liburan. selamat liburan di Banyuwangi. Surga tersembunyi adalah Banyuwangi

5 komentar:

  1. Saya ingin sekali berkunjung ke Teluk Hijau (Green Bay). So Beautiful... ^_^

    BalasHapus
  2. mantep2 tempat wisatanya... :D

    BalasHapus
  3. *indra: ahahaha, memang dsana itu the most beautiful shore inthe world :D

    *ndr: thankyou brotha :)

    BalasHapus
  4. lah? ini si admin orang banyuwangi juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya donk Dinda hehe. Semua tempat di atas udah aku kunjungi hehe

      Hapus