Selasa, 07 Januari 2014

Permainan tradisional dari daerah di Banyuwangi



Permainan tradisional daerah di Banyuwangi

                Banyuwangi kota yang kaya akan budaya dan keindahan alam nya. Selain itu juga banyak permainan permainan tradisonal yang unik di Banyuwangi. Berbeda dengan permainan anak jaman sekarang yang semua nya serba teknologi dan tidak sehat , permainan tradisional lebih sehat karena lebih mengandalkan gerak fisik. Lebih menumbuhkan kebersamaan karena sebagian besar permainan di lakukan secara berkelompok. Biasa nya permainan ini banyak di lakukan di pedesaan. Namun saat ini pun sudah begitu langka . Beruntung aku waktu masih kecil masih bisa menikmati permainan di kampung ku suku Osing. walaupun aku bukan murni suku Osing tapi sejak kecil aku tinggal di kampung Osing asli Banyuwangi. berikut adalah beberapa permainan tradisional dari Osing Banyuwangi. semua adalah hasil pengamatan dan pernah aku lakukan sendiri.

1. Te'ong ngan

                Berasal dari kata teong yang berarti ketemu atau ketahuan. sedangkan akhiran ''ngan'' berarti melakukan. Itu bahasa Osing dari Banyuwangi. Permainan ini mirip seperti permainan petak umpet. Bedanya permainan ini tidak di lakukan suit atau pun hompimpa untuk menentukan sang penjaga. Pemain biasanya 5 orang atau lebih. Pertama di buat lah lingkaran dengan diameter sepanjang telapak kaki.Setiap pemain memakai batu pipih atau pecahan genting. Dari jarak yang di tentukan para pemain harus berusaha melempar masuk atau sedekat mungkin dari lingkaran. Dan yang paling jauh dari lingkaran dia lah yang menjaga dan menunggu tumpukan batu tersebut. sedangkan yang lain pergi sembunyi. Penjaga harus benar benar mencari lawan untuk menyelesaikan misi sekaligus harus melindungi tumpukan. Jika kedapatan lawan datang dan menendang tumpukan maka harus cepat cepat menyusun kembali dengan cepat. Jika ada yang berhasil menendang maka pemain yang sudah di temukan sebelumnya boleh ikut bersembunyi lagi. Seru kan?.

2. Santalan / Ancasan

                Santalan adalah permainan yang menggunakan bungkus rokok. ada 2 macam obyek yaitu santal dan ancas. Santal berarti terbuat dari satu bungkus rokok utuh. sedangkan ancas berarti setengah bungkus rokok. Mereka mengumpamakan dengan nominal bahwa Santal itu bernilai 1000 dan ancas bernilai 500. Cara permainan nya pun unik. Kebanyakan di lakukan 2 orang atau lebih. makin banyak pemain maka akan makin seru. Pertama di buatlah lingkaran dengan diameter telapak kaki. masing masing pemain mempertaruhkan 1 buah santal nya dan di tumpuk di tengah lingkaran. setiap pemain harus membunyai batu atau media lain yang bisa di gunakan untuk melempar santal dari jarak yang di tentukan. Jika tepat sasaran dan berhasil mengeluarkan santal dari lingkaran maka santal yang keluar itu akan jadi milik nya. Namun jika pemain pertama yang berhasil mengeluarkan santal dari lingkaran, maka harus menunggu dulu apakah batu yang di lemparnya dapat di sentuh oleh pemain lain. istilah ini di sebut ''Gathes'' di permainan itu. jika sudah ghathes maka santal harus di berikan ke lawan yang nggathes tadi. begitu pun seterus nya sampai pemain terakhir. Di permainan ini pemaindi urutan  paling belakang adalah posisi paling menguntungkan. Untuk menentukan mana pemain pertama dan terakhir biasanya di buat garis, barang siapa yang bisa  melempar batunya paling dekat garis maka itu lah yang di urutan terakhir.

3. Gong - gong an

                Permainan ini seperti permainan gunungan seperti yang sudah populer di daerah daerah lain. Tapi ini sedikit berbeda. biasanya di lakukan oleh 2 orang atau lebih. pertama di buat dahulu garis kotak kotak 6 kotak berbentuk huruf ''U'' . Setiap pemain harus menggiring batu milik nya dengan satu kaki melewati kotak 1 sampai kotak ke 5. Tidak boleh nginjak garis ataupun batu keluar garis. setelah sampai kotak kelima maka pemain mendorong batunya ke target yang ada nilai 1000 dan 500. jika mendapat nilai 1000 berarti dapat ''sawah'' . Artinya pemain memiliki 1 kotak daerah kekuasaan yang tidak boleh di tapaki oleh lawan.

4. Semat Pitu

                semat pitu an adalah permainan menggunakan karet gelang. 7 batang lidi di tancapkan di tanah dengan 1 batang paling tinggi. Setiap pemain mpertaruhkan 10 karet. Satu persatu pemain melempar sesuai urutan. Karet yang bisa masuk ke lidi maka akan jadi pemilik. jika ada salah satu karet yang masuk ke lidi paling tinggi (lidi ke 7) maka semua karet boleh di ambil.

5. Pal Pal an

                Ini permainan kejar kejaran. Terdiri dari 2 kelompok yang berisi beberapa orang yang menjaga 2 post mereka masing masing. Kewajiban setiap anggota adalah berhasil memegang dan menjadikan lawan jadi tahanan. semakin banyak anggota lawan yang jadi tahanan kita maka penjaga post lawan semakin sedikit dan kita bisa lebih mudah memegang post lawan dan memenangkan permainan. di sini dengan sistem scoring. biasa di sebut permainan Benteng .

6. Jamuran

                Permainan unik ini biasa di lakukan oleh 5 orang atau lebih. satu diantara nya akan di acak untuk jadi tahanan. para pemain membentuk lingkaran sambil bergandengan tangan dan berputar mengelilingi tahanan sambil menyanyikan lagu  seperti ini liriknya.
'' jamuran jamuran , jamur gedhe oro' oro'an siro dadi jamur opo?'' setelah itu tahanan akan menjawab bebas ingin jadi jamur apa. Contoh nya ingin jadi jamur Ulan. maka setiap pemain membuat lingkaran besar. dan jika si tahanan berhasil mengangkat sampai keluar garis, maka yang ke angkat akan jadi tahanan.

8. Tung Klinthungan

                Permainan unik ini sungguh lucu. biasa di mainkan ramai2 dan 1 orang sebagai tahanan. Tahanan di suruh sujud sambil menutup mata. Para pemain lain menaruh telapak tangan tahanan sambil satu orang memegang satu batu kecil untuk di taruh memutar dan sambil menyanyikan syair
'' Thung kelinthungan manis kelintung , gaji gaji wono, bayem rojo tuwo tangisono dombleh sit sit tolombo opo sit....dst '' . sambil menyanyikan bareng bagian sit tolombo opo, tahanan di suruh berdiri dan menebak kira kira batu tadi di taruh di tangan siapa. Jika ketebak maka yang pegang batu akan jadi tahanan.

9.  Tri go tri

                Sistem permainan ini juga seperti petak umpet. yang membedakan adalah pengacakan untuk jadi penjaga nya. Kita membuat gambar kotak sejumlah pemain yang ikut bermain. dan salah satu kotak di tandai hitam. para pemain memegang batu mereka masing. Kemudian mulai memindahkan batu mereka ke samping kanan terus memutar sampe lagu berhenti. Di sini di lihat batu siapakah yang berhenti di tanda hitam maka akan jadi kodo '' penjaga '' . seperti ini syair nya ketika sambil memutar batu.
'' Tri go tri alak gotri nogosari ri , ri wul uwul uwul jenang katul tul , dolan awan awan ndelok manten ten. titenono mbesok gede dadi opo. Budeng bakol lenang bakol gedhang dhang , dangkok leak leok dadi KODOK! '' saat lagu selesai maka akan di lihat batu siapa yang masuk tanda hitam.

10. Selondoran

                Ini adalah permainan Gopak Sodor sebenar nya hanya bahasanya pakai bahasa Osing selondor yang artinya kurang lebih seperti menyerobot.

11. Ilik ilikan

                Permainan petak umpet seperti biasa pada umum nya. yang membedakan jika pemain bisa memegang tanda yang di jaga lawan maka harus wajib berteriak ''SKOT''. Artinya ya... kau gagal kalo udah ada lawan berteriak gitu haha.

12. Rem Rem an

                Dari kata ''merem'' atau menutup mata. Ini seperti permainan Hide and Clap yang seperti di film konjuring itu. hanya saja tidak ada tepuk tangan. Salah satu pemain di tutup matanya dan harus menemukan pemain lain. Tapi ini di batasi dengan garis yang telah di buat. Jadi pemain lain tak akan bebas keluar kotak arena.

13. Galap Ban

                yang artinya Balapan memakai ban luar motor bekas. Para pemain masing masing memiliki ban sendiri dengan stik kayu yang di gunakan untuk mempercepat dan menggiring laju ban sambil berlari. Permainan ini seperti main hockey lah cuma ini pakai ban dan harus balapan. Permainan ini sepertinya sudah cukup lama punah. Aku memainkan nya saat aku belum sekolah. tapi aku masih mengingat nya haha.

14. Chetoran

                Ini sebenar nya bukan permainan tapi mainan. Ada yang tahu mungkin. kalau kata orang osing namanya chetoran. itu lho tembak tembakan pakai bambu kecil. Amunisi nya biasanya pakai kertas basah di hancurkan , atau bisa juga pakai bunga  jambu yang masih muda. Kalau di daerahku ada amunisi spesial. Namanya Kalak. Kalak ini buah dari suatu pohon. bentuk nya kecil seperti biji bijian seperti anggur tapi kecil kecil dan keras. Anak anak biasanya menjelajah hutan sekedar mencari kalak. benar benar ini amunisi spesial karena kalau terkena badan sedikit ngilu dan ledakan nya yang keras. haha.... jadi kangen sama permainan ini. permainan nya sih biasa untuk tembak tembakan aja. seperti Paint gun gitu .

15. Kemplud Kentong

                Ini mainan juga cukup extrim haha. biasanya permainan ini di lakukan  pada saat puasa ramadhan. kadang kalau mengingat ingat mainan ini ketawa sendiri. kalian tahu meriam bambu? , ya cara kerja nya seperti ini memakai karbit. hanya saja ini cukup berbeda. Tong atau kaleng bekas besar yang tutup nya udah di buka bagian bawahnya nya. bagian atas nya di lubangi kecil 1cm saja. Sediakan juga cawan kecil berisi air dan karbit. lalu cawan kecil radi di tutup dengan kaleng besar tadi dan tunggu sekitar 1 menit. Setelah kira kira siap di ledak kan maka segera ledakan. Dan Duaaarrrrrr!! kaleng akan melambung tinggi ke atas. Ini cukup berbahaya makanya biasa nya anak anak memakai tongkat panjang untuk menyulut . kalau dari dekat cukup berbahaya. Seperti kejadian yang di alami temanku. Dia menyulut nya dari dekat. tak tahu nya kaleng nya malah melesat ke arah wajah nya. dan.... berdarah deh dahi nya. makanya harus hati hati dan harus ada bimbingan orang dewasa. tapi sumpah ini permainan gokil dan cowok abis hihihihi.

16. Kemplingan

                Kempling adalah tutup botol minuman bersoda. Menggunakan 6 buah kempling untuk bermain. Ini permainan hampir mirip seperti permainan bola bekel tapi beda karena nggak pakai bola. Jadi kempling di jatuhkan di lantai. maka dengan segala trick satu kempling harus berhasil menyentuh kempling lain tanpa menyentuh kempling yang bukan sasaran nya. butuh tehnik juga memainkan permainan ini. Biasa nya anak anak perempuan pandai memainkan ini. Permainan ini juga ada level alevel nya yang berbeda. Saya sendiri kurang suka dan susah banget menurutku. Bener bener tangan yang luwes yang baik memainkan ini. Pada saat itu begitu populer . Sampai sampai 5 buah tutup botol bekas bisa di jual ke sesama teman. hehe lucu ya :) . dan jaman itu cukup susah mencari tutup botol. Tidak seperti sekrng yang udah berserakan di mana mana.

17.  Beluluk puter

                Ada ada saja mainan yang di buat anak pedesaan. Salah satu nya mainan  aneh ini. beluluk artinya bakal kelapa yang masih muda. Biasanya jatuh sebelum jadi kelapa karena rusak. besar nya sekitar 2 kali kepalan tangan orang dewasa. Lalu bagaimana main kan nya. wkwkwk , cari kayu atau tungkat seperti huruf ''L'' lalu tusukan beluluk tadi. lalu di dorong deh buat roda rodaan. Gaje sih tapi namanya juga anak kecil . Seperti pemotong Pizza tahu kan. Pisau berbentuk piringan. ya seperti itu lah penjelasan nya. Aneh dan langka.

18. Roda Baterai

                Batrei bekas di ambil bagian dalam nya yang berbentuk bulat pipih dan lentur seperti karet. di jadikan roda untuk mainan mobil mobilan yang terbuat dari bambu yang di modif sedemikian rupa. Waktu kecil aku suka permainan ini. kalau jaman sekarang mungkin mobil mobilan batrei, berteknologi. kalau dulu ya seperti itu dah mainan nya.

19. Ethek - Ethekan

                Tahu kan mainan ini. Sempat booming tahun 2001 - 2002 an . Dua buah bandul yang menggantung di adu adukan sehinngga memantul ke atas dan bawah membentuk irama bunyi dan gerakan yang teratur. Semakin lama irama nya bertahan maka akan di anggap mahir si pemain. Cukup susah memainkan permainan ini. Dan sempat membuat pergelangan tanganku bengkak terkena benturan. Karena bahan nya plastik keras padat. tapi rasanya tidak puas jika tidak sampai bisa dan tidak akan kapok. usut punya usut konon Permainan ada juga sempat populer di tahun 60 an. Wah kuno sekali ya. Cuma kalau jaman dulu memakai biji bijian atau buah seperti jambu biji sebagai bandul nya. Kini mainan itu kembali tenggelam. Mungkin akan nge trend lagi setelah 2060 kali ya.

                Itu tadi beberapa permainan dan mainan tradisional dari banyuwangi khusus nya di suku Osing. Permainan tersebut saya rasakan sendiri di tahun 90 an. tahun 95 an sampai awal awal tahun milenium. dan permainan itu sekarang perlahan lahan terkikis pesat nya jaman. Syukurlah aku beruntung pernah merasakan permainan yang penuh kebersamaan tersebut. Mungkin banyak permainan permainan lain yang tidak aku ketahui sebelumnya.
sekian terima kasih

3 komentar:

  1. Wah, keren msh inget banyak.
    Jgn sampai ini cuma jadi tulisan. Mari dimainkan & dilestarikan..

    BalasHapus
  2. kita yang muda, yang pernah kecil harus mau melestarikan budaya bangsa ini.
    identitas negara indonesia.

    BalasHapus
  3. Gong gongan ada nama lain yaitu Engkleng atau Ingkling atau Engkling

    BalasHapus