Selasa, 07 Januari 2014

Buah dan sayuran langka di Banyuwangi



Buah dan sayuran langka di Banyuwangi
 
                Kekayaan alam Banyuwangi memang meimpah ruah. Mulai dari hasil pertanian sawah sampai perkebunan perkebunan yang menanam macam macam buah maupun sayuran. Tapi di Banyuwangi juga punya buah langka dan unik. Di katakan langka dan unik karena jumlahnya sudah sedikit dan tidaak di budidayakan secara khusus. Dan biasanya hanya tumbuh liar walau pada jaman dulu tanaman tanaman ini banyak yang menanam. Berikut beberapa buah dan sayuran langka dari bumi Banyuwangi. Maaf tidak di sertai foto karena ini begitu langka. Mungkin fotonya menyusul saja siapa tahu nanti aku bisa menemukan lagi.

1. Sentul


                Sentul bukan lah sirkuit bagi orang Banyuwangi melainkan nama buah. Buah sentul berentuk bulat sbesar kepalan tangan. Jika sudah masak, kulitnya berwarna oranye cerah. Kulita nya tebal seperti manggis tapi empuk dan berbulu halus yang lembut seperti kiwi. Isi nya pun putih sperti manggis ber belah belah. Rasanya Manis asam. rasanya unik dan segar. Buah ini tumbuh di daerah dataran tinggi. Di Banyuwangi mungkin ada di daerah daerah lain. yang pernah aku temui yaitu di daerah sekitaran kecamatan Glagah dan Licin.

2. Wadung

                Buah ini jika masak berwarna oranye cerah seperti jeruk. Isinya ber belah belah seperti jeruk namun padat dan berlendir. Jika buah di makan rasanya asam manis segar. Tak banyak yang tahu kalau buah ini enak di makan. Kebanyakan masyarakat menggunakan kulit nya untuk di keringkan dan di jadikan bumbu dapur untuk menambah keasaman masakan sebagai pengganti buah asam.  Aroma nya begitu segar dan membuat aroma sayur asem makin segar dan menggoda selera. Kalau aku sendiri lebih suka makan buah nya. Di Banyuwangi juga ada nama daerah bernama Sumber Wadung. Apakah di situ banyak tanaman wadung nya aku kurang tahu.

3. Kepundung

                Buah ini sebenar nya tak begitu langka dan banyak terdapat di aderah banyuwangi. Tapi ternyata banyak tidak tahu buah ini. DI anggap langka karena pohon buah ini besar dan memerlukan bertahun tahun untuk tumbuh dan berbuah. Aku sendiri belum pernah menemui daerah yang membudi daya kan buah ini. Kepundung secara fisik mirip seperti anggur. Tapi kepundung berkulit tebal. Isi nya nya berbelah belah seperti manggis. Warna kulitnya kuning cerah jika masak. Ada dua jenis kepundung menurut isi nya. Ada yang isi nya berwarna merah dan berwarna putih. Yang berwarna putih biasanya lebih manis dari pada yang merah. Rasa buah kepundung adalah manis asam yang segar.

4. Wesah

                Adakah yang pernah dengar nama buah ini?. Buah wesah mempunyai pohon seperti tanaman laos atau kunyit. Buah nya tumbuh di pangkal batang dekat akar. Mungkin tumbuhan ini se jenis rimpang rimpangan. hanya saja buah nya tidak di dalam tanah tapi di luar. Bentuk fisik nya seperti belimbing dan berukuran ibu jari tangan namun lebih pendek. Warna hijau ke putihan. Jika di buka dalam nya berongga dan berisi biji biji kecil dengan lendir manis. Buah ini memang unik dan langka. Rasa nya pun manis dan beraroma unik. Saat bermain  main di hutan aku sering berburu buah ini karena suka dan langka.

5. Buah Sutra

                Di daerahku sih namanya buah sutra. Walau rasanya aku yakin buah ini ada nama bahasa indonesia nya, atau juga tidak ada mungkin. Buah nya bulat dan mirip sentul. namun isi nya padat dan lunak. Rasanya manis pekat seperti susu. sejauh ini aku cuma menemukan pohon ini hanya satu. Itu pun jarang berbuah.

6. Rau


                Buah ini mungkin adalah buah paling langka. Aku mendapati pohon nya hanya ada satu. Pohon buah ini berukuran raksasa seperti pohon durian atau bahkan kurang besar. Buah ini termasuk tanaman perdu yang hidup di daerah dataran tinggi. Bentuk buah nya bulat kecil seperti duku. mempunyai kulit tipis dan mudah robek seperti kelengkeng. Isi nya seperti manggis tapi hanya satu biji. Buah nya seperti lepas dari kulit buah nya sehingga kalau di kocok akan terdengar lepas dari kulit.  Ada satu pohon yang aku temui yaitu di dalam tempat wisata taman suruh. Kata masyarakat sekitar memang langka dan pohon nya cuma di situ dan satu lagi di hutan Los. Rasa nya manis dan unik. Pokok nya unik deh buah ini. menikmatinya masih aku kecil sekali dulu.

7. Rambusah

                Buah rambusah adalah buah ter langka nomor 2 setelah buah rau. Pohon nya merambat seperti semangka tapi menjalar ke atas ke pepohonan. Buah nya mirip labu dan panjang seperti buah blewa namun berkulit hijau muda ke putihan. Jika di belah mirip seperti blewa dan terdapat biji biji kecil berlendir manis seperti buah markisa. Dan yang di makan bukan lah daging nya melain kan biji nya yang berlendir itu. di Taruh di gelas seperti makan es cendol. Rasa nya manis dan maknyus seger nya. Dulu waktu aku kecil menemukan buah ini di kebun milik saudara ku di daerah Segobang kecamatan licin. Rindu sekali makan buah langka ini. bahkan nyari foto nya aja susah.

8. Wuni

                Buah ini mirip seperti anggur bergerombol tapi kecil seukuran biji jagung dan berbiji. Warna nya Ungu kehitaman jika masak. Rasa nya asam manis. Biasa nya di buat rujak oleh masyarakat. Atau anak anak pedesaan juga memakan dengan cara di ''lecok''. Lecok itu adalah bambu yang di potong dan di cuci bersih untuk tempat menumbuk wuni sampai halus. Biasa nya di tambahkan gula supaya lebih nikmat. Pohon tanaman ini mulai langka karena pohon nya tumbuh besar membutuhkan waktu lama untuk tumbuh.

9. Manting

                Buah nya daun salam. Tahu daun salam kan?. daun yang biasanya di gunakan untuk bumbu masakan. ternyata daun salam bisa tumbuh besar seperti pohon durian loh. Dan saat sudah berumur puluhan tahun maka buah nya yang bernama manting ini akan muncul. Buah nya hampir mirip dengan wuni cuma lebih besar. rasa nya manis tidak ada asam nya dan agak sepat jika masih muda.  Berbuah nya pun jarang tak menentu seperti musiman. Tapi ini lebih lama. terkadang hanya berbuah 2 tahun sekali. maka nya buah ini termasuk buah langka.

10. Lempeni

                Sebangsa Wuni dan manting. rasanya manis sepat seperti buah buah duwet

11. Gedompyong (dompyong)

                Buah ini unik. sebesar buah duku . warna Hitam ke unguan. Rasanya asam manis segar. Daging buah nya berwarna putih dan empuk dan juga berair. Aromanya yang khas dan segar seperti obat dahaga yang pas. Pohon nya pun tinggi menjulang. Buah ini juga musiman dan jarang berbuah. Tak banyak yang tahu buah ini. Tapi pas aku ke Bali ada loh yang jual buah ini. 2 biji seribu, mahal sekaleeeeee. padahal di sini mungkin bisa makan sepuas nya haha. Buah ini tumbuh subur di daerah dingin dan dataran tinggi.

12. Jambu darsono

                Ini jambu dengan rasa yang paling unik menurutku. Buah nya seperti jambu air namun lebih mengembung seperti telur. Jambu ini sedikit kadar air nya . Warna buah nya saat masih muda adalah merah tua merata. Namun jika masak, warna merah nya memudar menjadi putih dan warna merah nya sedikit. Pohon nya tinggi menjulang tidak seperti pohon jambu kebanyakan. Bentuk nya pun indah dan menggiurkan. rasanya manis asam. jika sudah benar benar masak maka dagingbuahnya empuk seperti kapas dan manis.

13. Nanam


                Buah nanam juga merupakan buah yang cukup langka. Biasa nya di tanam di pekarangan rumah sebagai hiasan taman. Walau mungkin sangat jarang orang menggunakan nya sebagai hiasan karena langka. pohon nya tidak terlalu tinggi. Buah nya menggantung dan menempel di seluruh batang pohon. Bentuk buah ini tak beraturan. Warna nya hijau dan jika masak akan tampak warna kekuningan. Berbiji lumayan besar untuk ukran buahnya. Daging buah nya rasa nya manis dan jika kulitnya termakan sedikit saja terasa sangat pahit.

14. Gerunggung

                Buah ini termasuk tanaman perdu dan hidup baik di daerah pegunungan. Buah ini juga sebangsa bery bery an. Pohon nya berupa semak dengan banyak duri. Berukuran kecil seukuran kuku orang dewasa namun kadang juga ada yang sebesar strawberry. Kadar air cukup lumayan dan berongga di dalam nya. Buah ini banyak aku temui di sepanjang perjalan menuju gunung Ijen. Warna nya merah mencolok seperti strawberry. Rasa nya pun hampir mirip strawberry namun tidak ada rasa asam nya. katanya sih buah ini punya kandungan anti oksidan yang tinggi loh. Aku pun sering mencari nya setelah pulang dari Ijen. kalau di jadikan jus rasanya pun segar seperti jus strawberry.

15. Buah besar

                Masyarakat sekitar menamai n ya buah besar. Aku sendiri kurang yakin dengan nama itu. Buah besar terbasuk bangsa berry. Warna nya hitam keunguan seperti kebanyakan berry. Bentuk nya kecil seperti gerunggung namun aga sedikit memanjang. Aku pernah menjumpai buah ini di daerah Tamansari Lijen. Buah ini tidak terlalu langka. masyarakat perkotaan sering menanam nya di halaman rumah mereka. Di pelataran Universitas Negri Malang juga banyak di tanam. Rasa nya manis seperti anggur. 

16. Cerme Londo

                Cerme londo berbentuk seperti buah cerme pada umumnya. Jika masak warna nya Ungu kehitaman dengan daging buah berwarna oranye terang. Aroma dan rasa nya begitu pekat dan enneg seperti jambu mente . Namun rasanya unik dan manis ke asaman.

18. Belencong

                Namanya Lucu dan jangan sampai salah baca. Buah ini termasuk sayuran karena rasanya tidak enak jika tidak di masak.  Ukuran nya sebesar ibu jari kaki orang dewasa dengan panjang sekitar 10 cm. Panjang seperti peluru. Rasa nya gurih seperti labu siam jika di masak

19. Genyong

                Ini bangsa umbi umbian. Sebenar nya tidaklah terlalu langka tapi memang jarang yang membudidayakan sungguh sungguh untuk daerah banyuwangi. padahal umbi ini bisa di jadikan makanan  pokok karena kaya serat dan juga karbohidrat. Akar rimpang nya yang mengembung lah yang di jadikan bahan makanan. Bukan termasuk buah tapi juga bukan sayuran. seperti singkong lah. Di masak dengan cara di rebus. Dan rasa nya manis seperti sudah ada gula alami nya. Tuumbuhan nya seperti kunyit. daunya berwarna hijau dengan motif merah di pinggir nya.

20. Pakem / Kluwak

                Nama pakem seperti nama daerah di Banyuwangi ya. haha. Pakem merupakan buah yang di gunakan untuk sayuran. bentuk nya sebesar pepaya kecil bulat telur dengan warna coklat. Di dalam nya terdapat biji iji besar beracangkang keras seperti kerang. Buah ini bersifat toxin dan beracun jika tidak melalu proses pengolahan. Untuk memasak daging buah nya sebagai sayur maka harus di rendam dalam air berhari hari. Setelah di masak rasanya gurih seperti daging. Sedangkan kluwak adalah biji buah pakem yang di biarkan busuk. Di biarkan berbulan bulan sampai daging biji nya menjadi lembek dan berwarna hitam pekat. Sebenar nya bukan busuk namun mungkin lebih tepat nya terjadi fermentasi alami selama proses penyimpanan. kalau sudah jadi kluwak maka akan mahal. Satu buah kluwak kadang di hargai sampai 5 ribu. Rasanya pahit gurih dan kalau di buat sambel.... aduuuuuuuuuhhhh.a...a nikmatnya nggak terkalahkan.

Sebenar nya masih banyak tanaman dan buah buahan lagka lain nya di Banyuwangi. Untuk sementara cukup ini saja dulu. Jika memang ada yang menemukan buah yang di rasa langka maka mari kita rawat dan budidayakan. Untuk warisan anak cucu kita kelak.

9 komentar:

  1. kluwak itu yg buat rawon bkn sih?

    BalasHapus
  2. Trmksh informasinya! Sangat bagus! Sy tinggal di Lampung dan tertarik dengan buah Sentul di atas. Sy pernah menemukan buah sejenis mirip manggis menjalar dan rasa buah manis, orang setempat menyebutnya buah Letan. Bolehkah sy menghubungi anda. Nomor sy 081272217225. Trmksh!

    BalasHapus
  3. Di belakang rumahku masih ada pohon sentul dan wuni.
    Pohonya tinggi dan besar.
    Desa Adat Kemiren

    BalasHapus
  4. bravo.. mantab banget.. ini yang kucari2... blencong kesukaan kakekku alm... ternyata mirip banget dengan okra ya..
    Saya sedang mencari tanaman Boboan.. (Cleome gynandra) .. dulu banyak di jawa timur... rindu dengan tanaman ini.. ada yang punya bijinya tidak ya? saya ingin beli.. tks

    BalasHapus
  5. Ada kontak yang bisa dihubungi mas?

    BalasHapus
  6. Ada kontak yang bisa dihubungi mas?

    BalasHapus
  7. Wah q cari biji salam (manting) susaah kira2 bs kasih infi gak dimana bisa dapetinya

    BalasHapus
  8. Makasih infonya bermanfaat sekali izin share ya.

    BalasHapus