Selasa, 08 Januari 2019

13 Laguna atau kolam alami di Banyuwangi


                Laguna atau kolam alami merupakan tempat yang tepat untuk mencari kesegaran karena tempat nya yang sejuk dan air nya bening dan teduh membuat kita merasa relax. Kolam alami ini terbentuk secara alami ataupun ada sedikit campur tangan manusia tapi tak mengubah fisik dan atmosfir asli alam tersebut. Berikut saya kasih refrensi liburan buat kawan kawan yang ingin menyejuk kan diri di kolam alami di Banywangi untuk berendam di air jernih. Tiap tempat aku beri rating dari pengalaman pribadi. Rating di ambil berdasar kan kualits air, bukan indah nya tempat atau kepopuleran. Dan rating 7 ke atas boleh di bilang sangat bening.

1. Kalibendo (8/10)

        Kalibendo merupakan aliran sungai alami yang terletak di desa Kampung Anyar , kecamatan Glagah , Banyuwangi. Jarak nya sekitar 10-12km / 30mnt dari kota Banyuwangi. Air yang jernih dan sejuk dan nuansa perkebunan karet dan cengkih menjadi daya tarik tempat ini.


2. Air terjun Jagir (8,5/10)

         Tak jauh dari sungai Kalibendo, terdapat air terjun Jagir dengan laguna alami nya. Akses kesini begitu mudah tepat di pinggir jalan sehingga membuat tempat ini bgitu populer. Tepat di atas air terjun itu lah mata air nya sehingga kesegaran nya begitu alami. Air terjun ini terletak di Desa Kampung Anyar , kecamatan Glagah , Banyuwangi. berjarak sekitar 30mnt dari pusat Kota.


3. Seladaan Japuro (7,8/10)

         Mash di sekitaran dua tempat wisata di atas . Terdapat pemandian alami seladaan Rejopuro / Japuro atau biasa di sebut kampung Zidat karena di tempat ini di budidayakan belut sungai atau masyarakat osing banyuwangi menyebut nya Oling. Di sebut Seladaan karena di sekitaran sungai di tanami selada air oleh masyarakat setempat. Tempat yang asri dan sungai yang jernih membuat kita merasa nyaman di sini. Bisa juga melakkan tubing di sini dengan menyewa ban. Terletak di desa Rejopuro , Kecamatan Glagah , Banyuwangi. 30 menit dari pusat kota.


4.Air terjun telunjuk raung (9/10)

       Tempat ini selain trkenal karena air terjun nya , juga terkenal karena kolam alami nya yang begitu dingin dan bening. Tempat ini cukup populer di instagram karena sungai nya yang indah. Dengan air yang bening berwarna biru toska berletar belakang rerimbunan tumbuhan hijau membuat tempat ini begitu asri dan tenang. Terletak cukup jauh dari hiruk pikuk pemukiman namun dengan akses yang tak sulit membuat tempat ini menjadi pilihan untuk berlibur bareng bareng dengan teman teman atau keluarga. Terletak di kecamatan Songgon , Banyuwangi sekitar 1 jam dari pusat kota


5. Kebun Likin / Likin Park (8/10)

    Songgon memang surga nya wisata air di Banyuwangi. Tak luput juga tempat yang satu ini. Sebenar nya tempat ini adalah kebun milik seorang warga bernama pak Likin. Makanya orang orang menyebut nya kebun pak likin atau likin park. Terletak di desa Balak , kecamatan Songgon , Banyuwangi. Sekitar 1 jam dari pusat kota.


6. Sumber Salak (8/10)
      Sumber salak terletak di perekebunan PTPN XI Banyuwangi di desa Jatirono , Kalibaru , Banyuwangi. Air yang terbendung luas dan super jernih begitu memanjakan mata. Di bangun juga kolam kecil di salah satu sisi nya. Selain untuk pemandian di sini juga di bangun untuk Pembangkit listrik tenaga air untuk warga sekitar. Berjarak sekitar 1,5 sampai 2 jam dari  pusat kota. Clue nya dari pom bensin krikilan ke barat.


7. Sendang Seruni (9/10)
     Sendang seruni merupakan mata air alami yang di bendung oleh warga un tuk keperluan irigasi warga. Sungai yang jernih dan pemandangan yang asri membuat tempat ini di jadikan obyek wisata oleh masyarakat setempat. Sendang seruni berada di lereng kaki gunung Ijen. Sehingga kesegaran nya begitu khas pegunungan. Terletak di desa Sumberwatu , Desa Tamansari , kecamatan Licin , Banyuwangi. 45 menit dari pusat kota.


8. Goa Sodong (7,8/10)
      Wisata goa sodong atau masyarakat sekitar menyebut nya dengan kali upin. terletak di desa Grogol , kecamatan giri , Banyuwangi. Letak nya tidak jauh dari pusat kota hanya berjarak sekitar 20-30 menit. Pemandangan nya indah dan air nya bersih.


9. Air terjun Kembar Arum
       Masih satu lokasi dengan air terjun telunjuk raung , Air terjun kembar arum atau timcor menjadi salah satu tempat favorit wisatawan karena akses nya mudah dan tak jauh dari jalan raya. Dengan di kelilingi kebun cengkih dan tanaman selada air membuat tempat ini begitu indah. dan tentu laguna nya yg asik untuk berenang. Terletak di desa Timor Corah , songgon , Banyuwangi. 1,5 jam dari pusat kota.


10. Sumber Bulu (7,5/10)
          Sumber bulu begitu ramai di kunjungi wisatawan di saat siang sampai sore hari. Pemandian umum ini terletak di sebelah jalan raya persis sehingga mudah di kunjungi. Sayang nya pengelola yg sekarang terlalu banyak menaruh ikan hias di kolam nya sehingga mengurangi kualitas air nya sendiri. Walau begitu air nya tetap sejuk dan bening. Songgon , Banyuwangi.

11. Air terjun Margo Mulyo (8,10)

         Di air terjun legomoro terdapat laguna buatan warga yang indah. Tak hanya satu air tejun , di tempat ini juga ada satu lagi air tejun yang lagu na nya jauh lebih indah dan bersih. Terletak di desa Mulyomoro , Glenmore , Banyuwangi.  sekitar 2 jam dari pusat kota.

12. Antogan Bunder (6,5/10)
       Terletak di desa Bunder kecamatan Rogojampi. Merupakan air terjun yang sudah di kenal sejak jaman dulu sampai sekarang. 1,5 jam dari pusat kota.


13. Kali Kedung (8/10)

    Kali kedung masih satu aliran dengan sungai Kalibendo. Air yang bening dan dingin bikin kamu betah di sini. Terletak di desa Kampung Anyar , kecamatan Glagah , Banyuwangi. 




Demikian lah beberapa review tempat laguna atau kolam alami di Banyuwangi untuk tempat berendam yang asik dengan air yang segar dan jernih. Sebenar nya masih banyak tempat namun masih dengan akses yg kurang memadai. Jadi untuk sementara aku rekomendasi kan tempat tempat di atas agar teman teman bisa mengunjungi nya tanpa kendala.
silahkan komen untuk kritik dan saran.
Untuk info info lebih detail bisa hubungi kontak wa admin di 082228879494 atau di instagram @uccas

terimakasih



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DOWNLOAD SIMFILES PUMP IT UP : PHOENIX 2023

DOWNLOAD SIMFILES PUMP IT UP : PHOENIX 2023 Like Facebook pages for update information latest update 1.06 (16/02/2024) ...